Kerugian yang didapat saat meragukan diri sendiri

Karla Farhana16 Okt 2018, 17:00 WIB
[Fimela] Self doubt

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki insting yang kuat untuk meragukan sebuah keadaan atau orang lain. Namun, sebagian orang lebih banyak meragukan diri sendiri dibandingkan meragukan orang lain. 

meskipun terdengar aneh, namun banyak orang yang tidak percaya akan kemampuan yang mereka miliki. Padahal, orang lain sudah berusaha untuk menunjukkan potensi yang ada dalam dirimu. 

Keadaan ini, tulis Live Strong, merupakan sebuah keadaan psychological yang terjadi pada banyak orang. Merasa dirinya tidak mampu untuk lulus ujian, tidak mampu memenangkan pertandingan, atau juga tidak mampu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan di kantor. 

Live Strong menulis, kondisi ini kerap disebut dengan self-doubt. Meskipun terdengar harmless, namun keadaan ini bisa saja menghancurkan karier bahkan kehidupan seseorang. 

CEO Girlboss, Sophia Amoruso, sudah berkali-kali mengalami jatuh-bangunnya berbisnis. Berawal dari bisnis online fashionnya, Nasty Gal, di tahun 2006, Sophia mencicipi pengalaman pahitnya bangkrut. Pengalaman pahit ini cukup berat mengingat usianya saat itu yang  masih cukup belia. 

Kepada Live Strong, Sophia bercerita kalau kegagalan demi kegagalan dan sulitnya bangkit kembali setelah bangkrut membuatnya memiliki self-doubt. Kondisi ini membuatnya hampir tidak kuasa untuk kembali berkarya. 

Self-doubt memang bisa menghambat pemikiran dan juga perjalanan hidup. Untuk itu, Mayo Clinic menulis, penting untuk perempuan memiliki kegigihan dan juga kepercayaan terhadap diri sendiri dalam hidup