Sukses

Lifestyle

6 tips menata sepatu secara efektif di rumah

Fimela.com, Jakarta Sepatu dan perempuan jadi dua hal yang tidak terpisahkan. Tak heran, jika seorang perempuan bisa memiliki puluhan bahkan ratusan pasang sepatu.

Saking banyaknya sepatu, banyak perempuan menjadi bingung harus menggunakan yang mana dan bagaimana menatanya agar rapi. Masalah penataan atau pengorganisasian sepatu dalam lemari menjadi hal penting.

Selain membuat tampilan rumah menjadi terlihat rapi, penataan sepatu yang tepat juga akan membantu alas kaki tidak cepat rusak. Dikutip dari Real Simple, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menata sepatu dalam lemari. Apa saja?

1. Pergunakan ruang sempit dengan baik

Siapa bilang ruang sempit tidak mampu menampung sepatu yang banyak? Yang perlu disiapkan hanyalah rak yang seukuran dengan ruang sempit tersebut. Kemudian tata sepatu dengan rapi di dalamnya. Sebuah tas kanvas bisa digunakna untuk membungkus sepatu jika ruang sempit tersebut tidak memiliki pintu.

2 Nampan plastik

Di beberapa rumah atau apartemen kecil tidak disarankan untuk meletakkan rak sepatu di balik pintu masuk. Ini akan membuat ruangan sempit terkesan menjadi penuh. Sebagai gantinya, letakkan nampan plastik persegi panjang sebelah pintu depan untuk mengalasi sepatu. Tips ini bisa digunakan untuk menyimpan sepatu yang paling sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

 

3. Cari tempat penyimpanan tersembunyi dalam rumah

Jika rak sudah terlalu penuh untuk menampung sepatu, carilah tempat di sekitar area rumah untuk dijadikan tempat penyimpanan sepatu. Salah satunya adalah bawah tempat tidur. Sepatu dimasukkan ke dalam kotak terlebih dahulu, kemudian susun rapi di bawah tempat tidur.

4. Pastikan area penyimpanan sepatu tetap bersih

Jika meletakkan sepatu di bawah, berpotensi untuk terinjak. Ini akan membuat sepatu cepat rusak. Untuk mengakalinya, bisa menggunakan pembatas tertentu seperti kursi yang kokoh sehingga sepatu tetap aman dan bersih.

5. Pamerkan koleksi terbaik

Tak hanya digunakan, sepatu dengan koleksi terbaik bisa juga dipamerkan. Letakkan beberapa pasang sepatu yang terlihat bagus di sebuah lemari kaca. Selain menyimpan sepatu agar tahan lama, rak sepatu kaca ini juga bisa menjadi pajangan.

6. Lakukan penyimpanan yang cerdas

Kotak atau tas yang berventilasi sangat cocok untuk menyimpan sepatu di bawah tempat tidur. Ventilasi memungkinkan sepatu kulit untuk tepat. Selain itu, akan mempermudah mencari sepatu dengan lebih mudah. Jika sepatu akan disimpan dalam waktu lama, sisipkan kertas tisu putih sehingga bentuk sepatu tetap terjaga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading