3 hal utama yang harus didiskusikan dengan pasangan sebelum menikah

Endah Wijayanti15 Okt 2018, 13:38 WIB
sebelum menikah

Fimela.com, Jakarta Menikah butuh kesiapan. Tak hanya secara materi tapi juga mental. Mengingat kebanyakan dari kita ingin hanya menikah sekali seumur hidup, maka segalanya harus dipersiapkan dengan baik. 

Sebelum melangkah ke pelaminan, penting sekali untuk mendiskusikan beberapa hal penting dengan pasangan. Tapi kadang bingung, harus mendiskusikan soal apa dulu? Hal-hal utama apa saja yang jadi prioritas penting untuk dibahas? Secara umum, ada tiga hal utama dan sangat penting yang harus benar-benar didiskusikan dengan pasangan sebelum menikah.

1. Tentang anak

Ingin punya anak berapa? Apakah perlu mengikuti program khusus bila nanti ada kemungkinan tidak mendapat momongan di tahun pertama menikah? Serba-serbi soal anak perlu dibahas sebelum menikah. Hal ini juga menyangkut persiapan kita bila nanti menjadi orangtua. Kalau ada perbedaan cara mengasuh atau mendidik anak pun perlu diobrolkan bersama.

2. Tentang finansial

Tak bisa dipungkiri kalau urusan finansial atau keuangan juga menjadi hal yang cukup sensitif dalam sebuah pernikahan. Kalau kita dan pasangan sama-sama bekerja, perlu juga untuk saling berdiskusi mengenai pengalokasian dana untuk beberapa hal dan prioritas. Jika ada rencana untuk investasi atau membuat tabungan masa depan, bisa juga dibicarakan. Soalnya bakal tidak nyaman bila sebuah pertengkaran dipicu karena masalah uang. 

Getting married, for me, was the best thing I ever did. I was suddenly beset with an immense sense of release, that we have something more important than our separate selves, and that is the marriage. There's immense happiness that can come from working towards that.

- Nick Cave

3. Tentang gaya hidup

Namanya menikah, maka nanti segala sesuatu akan dibagi dan dirasakan berdua. Soal gaya hidup pun perlu dibicarakan jauh-jauh hari sebelum menikah. Biar nanti bisa segera saling membiasakan dan beradaptasi. Seperti kebiasaan tidur, berpakaian, hingga urusan kebersihan di rumah. Karena sisa usia kita nanti akan kita habiskan dengannya, pastinya harus bisa sama-sama saling mengerti dengan beradaptasi dengan kebiasaan masing-masing.

Pernikahan tak ubahnya sebuah perjalanan. Untuk bisa terus bahagia dan nyaman selama di perjalanan, sangat penting membangun komunikasi dan saling pengertian yang baik dengan pasangan. Karena perjalanan itu akan indah dan bahagia bila bisa dilalui bersama dengan senyuman.