Sukses

Lifestyle

Cara menyimpan buah Stroberi agar tidak busuk dan awet segar

Fimela.com, Jakarta Buah stroberi menjadi salah satu buah favorit. Ini mengingat bahwa stroberi memiliki rasa yang khas, enak dan memiliki segudang manfaat buat kesehatan maupun kecantikan.

Selain dikonsumsi, buah stroberi juga kerap digunakan untuk mempermanis makanan lainnya, sebagai hiasan pada kue atau puding dan sebagai bahan untuk makanan lain seperti halnya selai, jus maupun es krim.

Melansir dari laman health.com, buah stroberi termasuk ke dalam buah yang cepat busuk dan layu. Seorang food scientist bernama Harold McGee dalam bukunya berjudul On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen disebutkan bahwa buah stroberi adalah buah yang memiliki kulit tipis, tekturnya lembut dan mudah rapuh. Karena hal inilah, buah stroberi mudah busuk atau pun rusak kualitasnya.

Lantas, bagaimana untuk menyimpan buah stroberi agar tak mudak busuk dan awet segar? Para ahli mengungkapkan jika cara terbaik menyimpan buah stroberi adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es. Sebelum disimpan di lemari es, bungkus buah stroberi dengan kantong kertas. Letakkan di dalam lemari es seperti biasa bersama bahan makanan lain. Sebelum menyimpan stroberi usahakan agar tidak mencuci stroberi yang ada. Cuci stroberi setiap kali akan dikonsumsi.

Jika tak punya kantong kertas, masukkan buah strobery ke dalam plastik atau wadah yang kedap udara. Tutup rapat kemudian letakkan di lemari es. Cara ini bisa membuat buah stroberi tahan hingga 2 minggu.

Jika ingin menyimpan buah stroberi lebih lama, simpan di dalam freezer dan bekukan. Cuci bersih dahulu buah stroberi yang akan dibekukan. Masukkan ke dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, simpan di dalam freezer. Dengan cara ini buah stroberi bisa bertahan hingga 1 sampai 2 bulan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading