5 kue tradisional yang dibungkus daun pisang dan enak banget

Mimi Rohmitriasih15 Okt 2018, 15:21 WIB
Kue tradisional

Fimela.com, Jakarta Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan budaya dan kulinernya. Setiap daerah akan memiliki kuliner masing-masing yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Juga, setiap daerah memiliki kue tradisional yang berbeda-beda namun semuanya begitu menggugah selera.

Bicara soal ragam kue tradisional, perlu kita tahu bahwa ada kue tradisional di Indonesia yang dibungkus dengan daun pisang serta memiliki rasa begitu enak menggugah selera. Berikut beberapa kue tradisional yang dibungkus dengan daun pisang dan memiliki rasa super enak.

1. Kue bugis atau mendut

Kue bugis atau mendut menjadi kue atau jajanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi dengan kelapa parut yang dibumbui gula merah atau jawa. Kue bugis atau mendut memiliki tektur kenyal dan cukup lengket. Rasa bagian luarnya cukup gurih tapi setelah digigit akan terasa legit menggigit.

2. Iwel-iwel

Iwel-iwel adalah kue  tradisional yang juga dibungkus daun pisang. Iwel-iwel terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur kelapa parut kemudian diberi garam sedikit. Di dalamnya akan diberi gula merah atau gula jawa halus dan dikukus. Biasanya, iwel-iwel menjadi kue wajib saat acara 7 bulanan kehamilan serta kelahiran di Jawa.

3. Lemper

Siapapun pasti sudah kenal baik dengan kue tradisional yang satu ini. Lemper dibungkus dengan daun pisang. Lemper terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi isian ayam, serundeng atau abon. Lemper menjadi jajanan yang umum ditemukan saat acara selametan, syukuran, pernikahan atau arisan.

4. Nagasari

Nagasari merupakan kue yang juga dibungkus dengan daun pisang. Nagasari terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan garam. Isi nagasari adalah pisang kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dimasak kukus hingga matang.

5. Lemet Singkong

Lemet singkong adalah kue tradisional yang memiliki rasa khas dan menggugah selera. Meski sangat sederhana, cita rasa kue ini tak bisa ditolak begitu saja. Lemet singkong terbuat dari singkong yang dihaluskan dengan cara diparut, dicampur dengan kelapa parut dan diberi garam serta gula secukupnya. Lemet singkong dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

Itulah beberapa kue tradisional enak yang dibungkus dengan daun pisang. Kue ini bisa dengan mudah ditemukan di pulau Jawa. Tidak menutup kemungkinan di daerah lain di Indonesia juga ada kue ini. Hanya saja nama kue tersebut akan berbeda.