Sukses

Lifestyle

Alasan kulit mangga berbahaya untuk dimakan

Fimela.com, Jakarta Kulit buah sayuran terkenal akan tingginya vitamin dan nutrisi lain. Seperti kulit tomat yang mengandung lycopene yang sangat baik untuk tubuh. Atau juga jambu merah. 

Nutrition and You menulis, sebagian buah akan terasa lebih lezat pada bagian daging buah yang dekat dengan kulitnya, karena proses pematangan buah. Contohnya jambu, pir, dan lain-lain. 

Namun, ternyata tidak semua kulit buah itu baik untuk dikonsumsi. Malah, kulit mangga justru berbahaya jika dikonsumsi. Health Line menulis, mangga yang ditanam bukan secara organik cenderung mengandung pestisida. 

Kandungan pestisida ini biasanya akan menempel pada kulit jeruk. Sehingga, jika saat mengupas mangga tidak terlalu bersih, ditakutkan kandungan pestisidanya masih menempel dan ini akan membahayakan kesehatan. 

 

Timbulkan reaksi alergi

Selain itu, kulit mangga juga berbahaya untuk sebagian orang yang memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi terhadap sebuah alergi. Kulit mangga, tulis Prevention, mengandung urushiol. 

Urushiol merupakan campuran senyawa yang juga ditemukan pada poison ivy dan oak. Pada sebagian orang, urushiol bica menimbulkan respon alergi, teerutama pada orang-orang yang sensitif terhadap poison ivy dan tanaman lain yang mengandung urushiol. Biasanya, reaksinya berupa kulit gatal dan bengkak. |

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading