Tips menyimpan keju dalam kulkas agak tidak rusak

Febi Anindya Kirana16 Okt 2018, 13:06 WIB
keju

Fimela.com, Jakarta Keju menjadi bahan masakan serta topping yang saat ini sedang banyak digemari para pecinta kuliner. Ada banyak varian keju yang bisa memuaskan cita rasa, dan jika memutuskan beli banyak jenis keju, maka satu hal yang pelru diketahui adalah bagaimana cara menyimpan keju yang tepat.Karena keju yang tidak disimpan dengan benar justru menyebabkan rasa keju berubah dan tekstur keju rusak. Dilansir dari Food 52, ini sekian cara yang perlu dihindari dan dilakukan untuk menyimpan keju.

1. Jangan membungkusnya di dalam plastik

Mungkin mengejutkan bagi banyak orang, karena selama ini kebanyakan orang menyimpan keju dengan cara membungkusnya dalam plastik. Tapi cara ini salah besar. Keju sebenarnya bukan benda mati, ia hidup. Dengan kandungan bakteri baik di dalamnya, keju sebenarnya 'bermapas, berkeringat dan membutuhkan oksigen. Jika dibungkus plastik dengan rapat, bakteri tak bisa bernapas dan mati. Jadi, segera setelah beli keju yang dibungkus sealed plastik, segera buka dan pindahkan keju ke dalam wadah lain.

2. Gunakan kertas keju atau kertas roti

Karena tak bisa membungkus keju dengan plastik, bungkus keju dengan kertas keju (cheese paper). Benda ini tetap bisa membuat keju bernapas tapi melindungi kelembapan keju sehingga tidak kering dan mengeras selama di dalam kulkas. Jika tak punya kertas keju, bisa menggunakan kertas roti.

keju
ilustrasi keju/copyright Food 52

3. Tulis tanggal pembungkusan

Jangan lupa tuliskan tanggal kapan membungkus keju tersebut sehingga bisa memperkirakan berapa lama keju sebaiknya tetap bisa dikonsumsi. Pastikan tidak terlalu lama menyimpan keju di kulkas dan jaga dari pengaruh bahan makanan lain dengan menyimpannya di dalam wadah terpisah.

4. Pilih bagian kulkas tertentu

Dilansir dari Real Simple, taruh keju di bagian rak pintu kulkas. Rak pintu kulkas yang memiliki penutup. Tempat ini menjaga keju tidak tercampur dengan makanan-makanan lain di dalam kulkas, tidak terlalu dingin, dengan tingkat kelembapan yang cukup.

Nah, itu dia sekian cara menimpan keju yang baik dan benar agar keju tidak berubah dan rusak karena disimpan di dalam kulkas.