3 cara untuk menghilangkan bau amis pada udang

Ayu Puji Lestari16 Okt 2018, 14:00 WIB
Udang

Fimela.com, Jakarta Kandungan nutrisi seafood memang tidak perlu diragukan. Maka tidak heran jenis makanan ini banyak diminati, salah satunya adalah udang. Protein yang terkandung pada udang ini baik untuk kesehatan otak.

Jika udang tidak diolah dengan benar akan menimbulkan amis dan menyebabkan alergi. Hmm, jadi tidak berselera bukan? Tips dari Fimela ini akan membantumu mengolah udang tanpa bau amis. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kupas udang dengan tepat

Jika ingin mengupas udang pastikan mengupasnya dengan benar. Caranya pegang buntutnya, lalu kupas kulitnya. Buang buntutnya agar tidak termakan oleh anak-anak. Jika ingin agar udang tampak cantik dalam menghidangkannya maka buntut jangan dibuang, dibiarkan saja ikut dimasak. Cara ini akan membantu sajian udang tampak lebih menarik.

2. Menghilangkan bau amis pada udang

Terdapat tips untuk menghilangkan bau amis pada udang yaitu saat membersihkannya, belah sedikit bagian punggung udang. Hilangkan kotoran yang berbentuk tali hitam pada pungung udang. Cuci udang dengan air bersih yang mengalir.

Beri sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada udang. Tapi ingat jangan terlalu banyak karena dapat merusak rasanya. Dan yang terpenting jangan memberi garam pada udang, karena dapat merusak tekturnya.

3. Tips menyimpan udang dengan benar

Udang yang masih segar segera simpan dalam freezer. Ketika ingin memasaknya, keluarkan udang dari freezer kemudian letakkan pada air dingin yang mengalir. Hindari memasukkan udang kembali dalam freezer jika sudah dicairkan. Segera masak, karena udang yang sudah keluar dari freezer akan rusak.

Demikian 3 cara untuk menghilangkan bau amis pada udang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.