Tinggal bersama mertua setelah menikah bukan akhir segalanya

Ayu Puji Lestari16 Okt 2018, 16:00 WIB
Rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Sebelum menikah, pernah mengobrolkan masa depan hubungan kalian? Akan tinggal di mana? Memutuskan tinggal terpisah dengan orangtua atau justru serumah dengan mereka? Mungkin hal ini adalah momok bagi beberapa orang. Tetap tinggal bersama orangtua setelah menikah tidak sesederhana pikiran banyak orang.

Well, daripada mengeluh karena merasa kebebasan terbatasi karena harus tinggal bersama mertua setelah menikah mengapa tidak menikmati saja? Berikut adalah cara tetap enjoy, saat harus tinggal bersama mertua setelah menikah. Here we go!

1. Mertua adalah orangtuamu juga

Tinggal satu atap bersama mertua pasti tidak terhindar dari drama. Merasa kesal, mertua yang sering kompalain dengan semua kehidupan rumah tanggamu. Jangan mudah tersinggung, anggap sebagai nasihat baik. Cukup dengarkan. Jika memang ada masalah, sampaikan kepada pasangan bukan mengadu kepada orangtua.

Selain membuat kedua orangtuamu khawatir, mengadu kepada orangtua tentang sikap mertua akan memicu konflik antara dua keluarga. Percayalah setiap orang pasti memiliki sisi sentimentil.

2. Berpikir Positif

Yakinlah keadaan seperti ini tidk akan berlangsung selamanya. Cobalah untuk bersikap positif. Tidak ada yang tahu bagaimana hubunganmu dengan mertua. Manfaatkan waktu bersama mertua dengan sebaik mungkin.

3. Berusaha kompak bersama mertua

Selalu ingat daripada menebar kebencian mengapa tidak menebar cinta? Ingat mertua kamu juga adalah orangtua kamu. Alih-alih menebar kebencian dan kecewa mengapa tidak membuat segalanya menjadi baik? Semua orang pasti memiliki sisi baiknya, sentuh kebaikan mertuamu.

Belajar untuk kompak bersama mertua tidak ada salahnya. Jadi sudah siap untuk tunggal bersama mertua setelah menikah?