Penyedia kredit online mudahkan belanja tanpa kartu kredit

Monica Dian24 Okt 2018, 17:30 WIB
Diperbarui 24 Okt 2018, 17:30 WIB
kredit online

Fimela.com, Jakarta Berbelanja online dengan metode pembayaran cicilan awalnya hanya dapat dilakukan dengan kartu kredit. Namun, tak semua orang memilikinya sehingga cicilan kartu kredit dirasa menyusahkan, karena harus membuat dulu, itu pun rumit dan memakan waktu lama. Seolah menjawab kendala tersebut, kini sudah banyak penyedia kredit online. Dengan aplikasi di smartphone, kredit online ini memudahkan kita mendapatkan barang impian melalui metode cicilan di e-commerce yang menyediakan layanan ini. Tidak perlu kartu kredit, tentunya. Mudah dan cepat.

Apa Itu Kredit Online?

Adalah layanan yang memberikan fasilitas kredit instan secara online. Ketika Anda berbelanja barang berharga tinggi di e-commerce, penyedia kredit online akan membantu kita menyicil pembelian barang tersebut. Mudahnya, cara nyicil ini bisa dilakukan di aplikasi penyedia kredit online.

Cara Pakai Kredit Online

belanja online
Photo Shutterstock

Langkah pertama adalah melakukan pendaftaran, bisa secara online di website maupun aplikasi smartphone yang sudah kita unduh. Beberapa pilihannya, antara lain Kredivo, Akulaku, Home Credit, dan Cicil. Setiap penyedia memiliki persyaratan masing-masing, pastikan kita telah memenuhi semua persyaratan tersebut, termasuk menyediakan dokumen yang diperlukan.

Setelah kita membeli barang berharga tinggi di e-commerce yang bekerja sama dengan penyedia kredit online tersebut, kita bisa memilih pilihan metode cicilan yang ditawarkan penyedia. Ada yang mewajibkan membayar uang muka terlebih dahulu, ada yang memberikan pilihan periode waktu pembayaran, ada pula yang mengharuskan kita memiliki riwayat pembelanjaan di e-commerce tersebut. Kita dapat memilih metode cicilan sesuai keinginan dan kemampuan finansial pribadi.

Bila telah disetujui, barang pesanan akan segera dikirimkan ke alamat kita. Setelah itu, kita hanya perlu menyicil atau membayar penuh pada penyedia kredit online pilihan kita.

Apakah Aman?

uang
Photo: Shutterstock

Sekarang banyak lembaga multifinansial yang menyediakan layanan kredit online. Masing-masing memiliki kebijakan berbeda. Sebelum mengajukan kredit online, sebaiknya pilih penyedia yang memiliki reputasi dan kredibilitas. Ini bisa dilihat dari situs resmi mereka. Bila url situs berawalan HTTPS, maka aman, karena awalan url ini menunjukkan situs tersebut memiliki sertifikasi keamanan serta mengenkripsi semua data dan transaksi pengguna. Pastikan pula penyedia kredit online itu diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang tidak boleh diabaikan adalah detail biaya tambahan. Jangan sampai terkejut dengan munculnya biaya-biaya lain yang membebani. Untuk itu, pelajari tentang skema cicilan, bunga, dan biaya tambahan sebelum mengajukan kredit sehingga kita dapat memperhitungkan dengan matang dan tidak merasa dibohongi.

Berencana belanja apa setelah ini?

Lanjutkan Membaca ↓