Sukses

Lifestyle

Breast Cancer Awarness Month, RS Mitra Kemayoran kunjungi Lapas Wanita

Fimela.com, Jakarta Menempati posisi ke-10 sebagai penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia, kanker payudara masih menjadi concern bagi siapa pun untuk menyadari keberadaannya. Sebab, jika setiap orang sadar akan gejala dari kanker payudara, maka penyakit pembunuh itu bisa dicegah dan diatasi lebih dini.

Dengan deteksi dini, kerugian yang ditanggung pasien akibat kanker payudara pun bisa ditekan. Baik itu kerugian materil maupun moril dan kepercayaan diri. Sebab, tindakan penanganan dini akan lebih sederhana dan biayanya pun lebih murah. 

Kendati begitu, deteksi dini belum sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh semua lapisan kalangan masyarakat. Terlebih oleh mereka, para perempuan yang berada di balik tirai jeruji besi. Oleh karena itu, RS Mitra Kemayoran, sebagai rumah sakit yang mendegungkan kesadaran deteksi kanker payudara sejak dini, membuat kegiatan di Oktober ini di Lapas Wanita Tangerang.

"Di sana ada saudara-saudara kita, para perempuan Indonesia, harus mendekam di balik tirai besi karena satu dan lain hal tetapi meski pun mereka berada di sana, bukan berarti mereka kehilangan hak untuk sehat, oleh karena itu kami sangat concern dengan tingginya angka kematian akibat kanker payudara ini," jelas Dr Alfiah Amiruddin, MD, MSurg, sebagai perwakilan dari RS Mitra Kemayoran.

Tak hanya sekadar kunjungan biasa, para warga binaan dan staf di Lapas Wanita Tangerang yang terindikasi berisiko tinggi terhadap kanker payudara juga akan mendapat pemeriksaan Mammografi dan USG gratis. Ditambah lagi, warga binaan tampil sebagai model dari busana kebaya yang telah disiapkan sebagai bentuk menyambut hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober.

"Dengan demikian, kami bersepakat mengambil Lapas Wanita Tangerang jadi tempat berbagi, tempat untuk saling merangkul, tempat untuk saling berkasih sayang, dan di tempat ini juga kami akan melakukan sesuatu yang bisa diberikan dalam bentuk bakti sosial, dan selain bakti sosial, kami juga memberi kesempatan pada para perempuan di sana untuk tampil sebagai model peragaan kebaya betawi," sambungnya.

Bekerja sama dengan Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), Kementian Hukum dan HAM, Yayasan Maharani Kirana Pertiwi, dan Allianz, RS Mitra Keluarga berharap bisa memberikan edukasi kepada warga binaan dan anggota komunitas perempuan yang hadir tentang pentingnya deteksi dini untuk menekan angka stadium lanjut kanker payudara. Lebih lanjut, deteksi dini bisa menekan angka stadium lanjut hingga 70%.

Sebagai info, RS Mitra Kemayoran merupakan rumah sakit yang memiliki One Stop Breast Clinic di Jakarta. Dengan demikian, para perempuan bisa lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan seputar payudara dalam sehari. Mulai dari pemeriksaan dokter, pemeriksaan Mammografi dan USG, MRI, dan biopsi tanpa harus berpindah gedung rumah sakit. Adanya One Stop Breast Clinic di RS Mitra Kemayoran diharapkan target deteksi dini bisa tercapai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading