Sukses

Lifestyle

Menumbuhkan rasa percaya diri menggeluti pekerjaan baru

Fimela.com, Jakarta Saat baru terjun ke bidang pekerjaan baru kadang muncul perasaan takut dan gelisah. Apalagi kalau bidang yang digeluti belum pernah kita coba sama sekali, rasanya sudah mau mundur saja pahahal memulai saja belum. Tapi kita yakin punya potensi untuk bisa sukses dalam bidang baru tersebut, jadi yang perlu kita lakukan adalah membangun dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Cuma bilang aja sih gampang. Tapi pada kenyataannya, membangun rasa percaya diri bisa sangat sulit untuk dilakukan. Meski letak kesulitannya ini sebenarnya cuma pada langkah-langkah awal saja. Buat yang masih belum atau kurang percaya diri untuk terjun ke bidang karier yang baru, ada sejumlah tips yang bisa dicoba berikut ini.

1. Berhenti merendahkan diri sendiri

Ini nih yang sebenarnya paling penting tapi seringkali jadi yang paling sulit. Saatnya untuk berhenti merendahkan diri sendiri. Bagaimana kita bisa percaya diri bila diri kita sendiri selalu merasa rendah diri? Jadi mulai sekarang kurang-kurangi deh omongan dan pikiran negatifnya. Waktunya untuk belajar melihat segala sesuatu dari sisi positifnya.

"Life is ten percent what you experience and ninety percent how you respond to it." ― Dorothy M. Neddermeyer

2. Belajar lagi dari nol

Nggak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu yang baru. Seringkali kita tak percaya diri melakukan sesuatu karena belum menguasai bidangnya. Jadi kita harus benar-benar membuat jadwal dan meluangkan waktu khusus untuk mempelajari segalanya dari nol. Kalau perlu cari mentor yang bisa membantu kita bisa belajar lebih efektif dan terarah. Dengan begini, rasa percaya diri bakal perlahan tumbuh dengan sendirinya.

3. Praktikan hal-hal yang baru dipelajari

Sudah menguasai teori, saatnya untuk terjun dan praktik langsung. Begitu kita sudah mencoba langsung, kita bisa lebih mudah memahami mana saja yang perlu dikoreksi atau diperbaiki. Jangan takut melakukan kesalahan. Justru saat kita sudah berhasil memperbaiki kesalahan yang ada, rasa percaya diri kita bakal meningkat dengan sendirinya.

4. Fake it until you make it

Belum percaya diri? Coba deh pura-pura percaya diri. Semacam akting gitu. Meski jantung deg-degan nggak karuan dan keringat dingin terus bercucuran, cobalah untuk tetap tersenyum. Di sini kadang akan terjadi keajaiban. Kita akan mempunyai semacam energi baru untuk bisa lebih percaya diri dalam setiap tindakan yang kita lakukan.

"Each time we face our fear, we gain strength, courage, and confidence in the doing." - Theodore Roosevelt

5. Pasang target, buat pencapaian baru

Rasa percaya diri bisa meningkat saat kita berhasil membuat pencapaian baru. Saatnya memotivasi diri dengan memasang target-target baru lalu buat pencapaian. Semakin banyak pencapaian baru yang kita buat, semakin meningkat nantinya rasa percaya diri yang kita punya.

Tidak percaya diri saat memulai hal baru sebenarnya hal yang wajar. Tinggal bagaimana kita kemudian menyikapinya dengan menjadikannya motivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih baik di karier yang kita bangun. Sampai akhirnya kita bisa mencapai kesuksesan yang kita inginkan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading