6 makanan khas Bali yang enak dan wajib dicoba saat berlibur ke sana

Mimi Rohmitriasih25 Okt 2018, 13:23 WIB
makanan khas bali

Fimela.com, Jakarta Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan budaya dan kuliner yang melimpah. Salah satu daerah yang memiliki kuliner atau makanan khas enak, lezat serta menggugah selera salah satunya adalah Bali. Tak hanya dikenal dengan alamnya yang indah dan menawan, Bali juga memiliki beragam makanan khas.

Adapun makanan tersebut mulai dari ayam betutu, sate lilit hingga nasi jinggo. Penasaran makanan apa saja yang asli Bali dan memiliki rasa lezat menggugah selera? Simak yang berikut ini.

1. Ayam betutu

Ayam betutu adalah masakan khas Bali yang sudah sangat terkenal. Ayam betutu telah menjadi masakan yang tidak hanya disukai warga lokal Bali tetapi juga disukai para wisatawan asing yang berkunjung ke sana. Saat berkunjung ke Bali, kita bisa dengan mudah menemukan masakan ayam betutu di restoran maupun hotel setempat.

Sate lilit

Sate lilit
Sate lilit khas Bali (foto: kompas).

2. Sate lilit

Makanan khas Bali selanjutnya yang memiliki rasa enak dan wajib dicoba adalah sate lilit. Jika sate pada umumnya adalah daging yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar dengan bumbu saus kacang serta kecap, sate lilit khas Bali terbuat dari daging yang sudah dihaluskan, dibumbui kemudian dililitkan ke batang serai kemudian di bakar. Sate lilit terbuat dari daging ayam, babi juga ikan tengiri.

3. Nasi tepeng

Nasi tepeng merupakan makanan khas daerah dari Gilianyar. Nasi tepeng adalah nasi yang cukup lembek seperti bubut kemudian disajikan bersama kacang panjang, nangka muda, terong, daun kelor, kelapa parut dan kacang merah. Agar rasanya makin lezat, nasi tepeng juga dilengkapi ayam suwir dan siraman bumbu rempah.

4. Tum ayam

Ini merupakan makanan khas Bali selanjutnya. Tum ayam adalah makanan sejenis pepes yang terbuat dari daging ayam cincang, aneka bumbu dan santan. Cara memasak tum ayam yakni dengan dibungkus daun pisang kemudian dikukus hingga benar-benar matang.

[reservasi]wisata kuliner di bali
Ayam Betutu Merupakan Makanan khas Bali (pubindo.com)

5. Lawar

Lawar merupakan masakan yang berasal dari campuran sayur, daging cincang dan bumbu rempah khas Bali. Rasa lawar yang gurih dan cukup pedas sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat dan sate lilit.

6. Nasi jinggo

Jika di Jawa khususnya di Jawa Tengah ada nasi kucing, di Bali ada nasi jinggo. Nasi jinggo adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan ditambahkan lauk ayam suwir, mie goreng, tempe goreng serta sambal.

Itulah beberapa makanan khas Bali yang enak dan wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Selain makanan di atas, ada makanan lain yang juga jadi makanan khas Bali antara lain sate plecing, babi guling, klomoh dan sate kakul.

Lanjutkan Membaca ↓