Kalau ternyata berakhir dengan perpisahan, kenapa harus ada pertemuan?

Endah Wijayanti26 Okt 2018, 10:21 WIB
perpisahan

Fimela.com, Jakarta Sudah seberapa sering kita menyesali pertemuan? Terkadang sebuah pertemuan terjadi dengan begitu indah. Seakan kita sudah mendapat seseorang yang tepat dan bakal bisa bersama dengannya hingga akhir hayat.

Namun, kenyataannya tak semua pertemuan bisa terus memberi kebersamaan. Bahkan ada yang berakhir dengan perpisahan yang menyakitkan. Lalu, kalau ternyata harus ada perpisahan, kenapa dari awal kita dipertemukan?

1. Setiap pertemuan selalu memberi arti

Mungkin dulu kita dipertemukan dengannya karena ada sesuatu yang perlu kita pelajari. Ada hal yang bisa kita ambil pelajarannya meski dengan cara yang menyakitkan. Dulu saat kita bertemu dengan dia yang begitu kita cintai, kita merasa sangat bahagia. Ada banyak kenangan indah yang kita dapatkan. Dan itu semua pun memberi warna tersendiri dalam hidup kita.

2. Pertemuan seringkali sulit kita hindari

Seringkali kita tak punya kuasa untuk menghindari sebuah pertemuan. Sebuah pertemuan kadang terjadi begitu saja. Seringkali kita tak pernah bisa menghindari pertemuan dengan seseorang yang tak pernah kita duga. Hal ini pun tak perlu disesali. Karena ya terkadang kita memang harus melewati lika-liku kehidupan untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa.

“There are no wrong turnings. Only paths we had not known we were meant to walk.” ― Guy Gavriel Kay, Tigana

zodiak
ilustrasi ramalan zodiak/copyright unsplash/JoelValve

3. Perpisahan yang hadir terlalu cepat tak selamanya buruk

Kenapa ada pertemuan kalau ternyata harus berakhir dengan perpisahan yang begitu cepat? Bisa jadi perpisahan itu harus terjadi untuk menyelamatkan kita dari sesuatu yang buruk. Bahkan hidup kita justru bisa makin membaik setelah ada perpisahan tersebut.

4. Setiap pertemuan selalu membawa kebahagiaan sendiri

Masih ingat dengan pengalaman bertemu dengannya pertama kali? Mungkin jantung berdebar dan bibir tak berhenti mengulum senyum. Pertemuan itu telah memberi kebahagian sendiri. Walau ternyata pada akhirnya harus berpisah, toh sudah ada kebahagiaan yang pernah kita dapatkan bersamanya dulu. Jadi tak perlu lah menyesali kebahagiaan yang pernah hadir di hidup kita.

Memang sedih bila kita harus dihadapkan pada perpisahan dengan orang yang dulu pernah sangat istimewa di hati. Tapi tak perlu menyesali keadaan. Tak usah menghujat pertemuan yang pernah terjadi. Karena semua sudah jadi bagian dari hidup kita dan yang perlu kita lakukan adalah mensyukuri semuanya.

Lanjutkan Membaca ↓