Berapa banyak kalori yang dibakar saat orgasme?

Febi Anindya Kirana28 Okt 2018, 16:17 WIB
orgasme

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan orgasme saat bercinta adalah pengalaman yang menakjubkan. Kenikmatan seksual ini bukan hanya memberikan kepuasan fisik namun juga batin. Orgasme bahkan bisa menurunkan kadar stres tubuh dan membuat mood membaik.

Ketika orgasme, jantung akan berdenyut lebih cepat, napas memburu dan tubuh akan bergetar dan berkeringat. Pernahkah penasaran dan mempertanyakan, sebenarnya berapa banyak kalori yang dibakar selama perempuan merasakan orgasme?

Dilansir dari Woman's Health, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Montreal tahun 2013 dan diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE menemukan bahwa rata-rata pria membakar 4 kalori per menitnya, sedangkan perempuan membakar 3 kalori per menitnya.

Ahli terapi fisik pelvis dan pendidik seks untuk LifeStyles Condoms, Dr. Uchenna Ossai, mengatakan bahwa dengan sesi bercinta yang rata-rata hanya dilakukan selama 6 menit, kalori yang dibakar ketika orgasme hanya sekitar 18 hingga 24 kalori.

"Jadi, jika melihat jumlah detak jantung, dan orgasme yang berlangsung sekitar 10 hingga 60 detik, perempuan dapat memperkirakan mengalami pembakaran kalori maksimum 4 kalori [selama orgasme]," jelasnya.

Ternyata orgasme tidak banyak membakar kalori. Meski begitu bercinta hingga orgasme tetap memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meredakan nyeri, menghilangkan rasa sedih dan cemas, meningkatkan fungsi otak dan bahkan membuatmu tidur nyenyak.