Jokowi menyebut film Star Trek dalam pidatonya di pembukaan IdeaFest 2018

fitriandiani26 Okt 2018, 20:30 WIB
Jokowi di Opening IdeaFest 2018

Fimela.com, Jakarta Jumat, 26 Oktober 2018, IdeaFest 2018 resmi dimulai. Sejumlah undangan turut hadir di Jakarta Convention Center, termasuk Presiden Jokowi yang secara khusus memberi sambutan di acara pembukaan tadi pagi.

Dalam pidatonya, Jokowi membicarakan perkembangan industri kreatif, khususnya di Indonesia. Beliau mengutarakan kekaguman akan banyaknya lompatan-lompatan yang dilakukan oleh anak muda hingga industri kreatif bisa semaju sekarang ini.

Menariknya, Jokowi juga memakai film sebagai bahan pidatonya. Setelah beberapa waktu sempat viral karena mengutip Game of Thrones di IMF, kini giliran Star Trek yang disebut sang Presiden.

Beliau menyebut beberapa teknologi canggih dalam film tersebut seperti replicator, universal translator, video call, dan lainnya. "Kami nggak ngebayangin kalau itu sekarang muncul semua, bertubi-tubi. Dulu hanya dalam film," ujar Jokowi.

 

Jokowi di Opening IdeaFest 2018
Jokowi sebutkan film Star Trek saat mengatakan kemajuan teknologi yang terjadi begitu pesat di opening IdeaFest 2018. (Foto: fimela.com/Adrian Putra)

Jokowi juga mengutip hasil penelitian McKinsey Global Institute yang menyebutkan revolusi industri 4.0 berlangsung tiga ribu kali lebih cepat ketimbang revolusi industri yang pertama. Pasalnya, teknologi baru selalu muncul dalam sekejap. "Saya titip, kita jangan ketinggalan, kita jangan ditinggal," pesannya.

Sebelum menutup pidatonya dan meresmikan pembukaan IdeaFest 2018, Jokowi mengingatkan betapa pentingnya kolaborasi untuk maju bersama dan memenangkan kompetisi dengan perkembangan industri di luar.