Waspada, ini akibat terlalu banyak memakan daging

Karla Farhana31 Okt 2018, 08:30 WIB
[Fimela] Daging merah

Fimela.com, Jakarta Daging merah kerap kali menjadi bahan konsumsi utama buat para perempuan yang sedang menjalani prgram diet keto atau juga protein tinggi. Pasalnya, daging merah mengandung banyak protein dan juga lemak sehat. 

Selain itu, Halo sehat menulis, daging merah juga kaya akan vitamin B kompleks, dan jenis-jenis mineral. Namun, terlalu banyak mengonsumsi daging merah ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Efek samping ini, kadang terlupakan. Selain itu, Prevention menulis, juga banyak para awam yang belum mengerti betul mengenai gizi dan pola makan sehat. Meskipun bisa menurunkan berat badan dengan cepat, konsumsi daging merah berlebihan bisa menimbulkan masalah besar, termasuk kanker. 

Kanker usus besar

Mengonsumsi daging merah juga bisa meningkatkan risiko kanker usus. Pasalnya, bahan daging merah ini kerap dimasak terlalu lama agar empuk. 

Padahal, memasak daging merah terlalu lama, tulis Halo Sehat, akan menimbulkan pembentukan nitrosamine. Zat ini merupakan racun yang bisa menimbulkan lesi di usus besar. 

Pembuluh Darah Mengeras

Inilah Mengapa Daging Tak Boleh Banyak Dikonsumsi
Mengonsumsi daging merah mungkin sehat, tapi jika dikonsumsi berlebihan berisiko penyakit

 

Menurut sebuah penelitian, daging merah bsia menyebabkan penumpukan senyawa kernitin. Halo Sehat menulis, senyawa ini merupakan sumber penyebab pengerasan pembuluh darah yang bisa menimbulkan penyumbatan arteri, kerusakan jantung, dan gangguan kesehatan jantung lainnya. 

Lanjutkan Membaca ↓