Sukses

Lifestyle

Mengenal manfaat chia seed, makanan diet tinggi nutrisi

Fimela.com, Jakarta Jika suka melihat makanan diet smoothie bowl cantik dan menarik yang sering ada di Instagram, mungkin ada yang tahu bahwa banyak foodies menambahkan biji chia atau chia sheed sebagai topping makanan diet mereka.

Belum banyak yang tahu bahwa chia seed memiliki banyak manfaat sehat. Dilansir dari Women's Health, chia seed punya kandungan nutrisi tinggi yang sangat baik untuk diet dna kesehatan tubuh secara umum.

1. Protein

Biji-biji kecil mirip selasih ini ternyata protein tinggi, dan merupakan makanan super karena chia seed mengandung tujuh jenis asam amino berbeda yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Asam amino sendiri dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi, membangun otot, jaringan tubuh dan dibutuhkan di banyak metabolisme tubuh.

2. Serat

Meski kecil, namun chia seed mengandung serat tinggi (larut dan tidak larut) sehingga bisa menjaga sistem pencernaan dengan baik. Memenuhi kebutuhan serat tubuh juga bisa menurunkan gula darah, risiko kanker usus, perut, penyakit jantung dan diabetes.

3. Lemak sehat

Chia seed juga mengandung asma lemak omega 3 yang menjaga jantung sehat, kulit glowing, fungsi otak sehat dan menjaga imun tubuh terhadap penyakit. Satu sendok keth chia seed saja sudah mampu memenuhi kebtuhan asam lemak omega 3 harian.

4. Antioksidan

Dengan banyaknya nutrisi yang ada di dalam chia seed, biji-bijian ini juga tinggi antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Beberapa studi menemukan kandungan antioksidan chia seed seperti quercetin, kaempferol dan asam klorogenik ternyata bersifat anti-aging dan anti-kanker yang mampu mencegah kerusakan organ dan sel tubuh.

Jadi, jika ingin diet sehat, jangan ragu memasukkan chia seed sebagai makanan diet sehat dalam setiap menu makanan ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading