7 Makanan khas Betawi yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jakarta

Mimi Rohmitriasih30 Okt 2018, 13:08 WIB
Makanan Betawi

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara dengan ragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Setiap daerah juga memiliki makanan khas yang tak kalah menarik dan mampu membuat siapa saja jatuh cinta dengan cita rasa makanan tersebut. Salah satu makanan yang bercita rasa menggugah selera adalah makanan khas Betawi.

Betawi sendiri merupakan sebutan untuk suku asli kota Jakarta. Makanan khas Betawi memiliki ciri khas dipengaruhi cita rasa makanan khas China, Eropa dan Arab. Umumnya makanan khas Betawi memiliki rasa gurih dan sedap. Penasaran apa saja makanan khas Betawi? Simak yang berikut ini.

Kerak telor

Makanan khas Betawi yang pertama adalah kerak telor. Tak hanya terkenal di Jakarta dan sekitarnya, kerak telor juga terkenal hingga berbagai daerah di Indonesia lainnya. Rasa kerak telor mirip dengan martabak. Tapi kerak telor lebih kering karena dimasak dengan cara dipanggang di atas tungku dengan api kecil.

Nasi uduk

Makanan khas Betawi selanjutnya ada nasi uduk. Nasi uduk adalah makanan yang identik sebagai menu sarapan. Biasanya, nasi uduk disajikan bersama masakan lain seperti telor dadar, ayam goreng, semur jengkol, sambal kacang, empal atau daging goreng, taburan bawang goreng dan kentang bumbu balado.

Ketupat sayur

Ketupat sayur merupakan makanan khas Betawi yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Ketupat sayur terbuat dari irisan ketupat, bawang goreng, kacang kedelai, kerupuk emping dan sayur lodeh manisa atau nangka muda.

Gado-gado

Makanan Betawi
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Gado-gado

Makanan selanjutnya yang khas Betawi ada gado-gado. Gado-gado berisi lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk, bawang goreng dan saus kacang. Gado-gado bisa disajikan sebagai menu sarapan, makan siang dan makan malam. Gado-gado cocok buat kita yang sedang melakukan program diet.

Ketoprak

Makanan khas Betawi ketoprak ini terbuat dari ketupat atau lpontong, bihun, sayur tauge dan tahu serta kerupuk. Makana ini dirisam sambal kacang yang memiliki cita rasa khas.

Semur jengkol

Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang memiliki kelezatan mengesankan. Meski bau jengkol cukup menyengat, semur jengkol tetap memiliki rasa enak dan lezat.

Soto betawi

Disantap saat masih panas atau hangat, soto betawi akan terasa semakin nikmat. Ciri khas soto betawi adalah berkuah santan, terdapat irisan daging sapi, tomat dan kentang di dalamnya. Rasa soto betawi begitu gurih dan lezat.

Itulah sedikitnya 7 makanan khas betawi yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Selain makanan di atas, makanan lain yang khas dari betawi ada soto tangkar, pindang bandeng, roti buaya, laksa betawi dan masih banyak lagi. Kalau makanan khas daerahmu apa Sahabat Fimela?

 

Lanjutkan Membaca ↓