Hasil survei di Asia Pasifik tentang menghadapi masa penuaan secara sehat

Anisha Saktian Putri01 Nov 2018, 14:30 WIB
Masa penuaan

Fimela.com, Jakarta Menjadi tua adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh setiap orang yang ada di dunia ini. Bertambahnya usia pun membuat kerja organ tubuh mengalami masa penuaan.

Sebagai perusahaan yang bertujuan membuat dunia lebih sehat dan bahagia, nutrisi global, Herbalife Nutrition, mengungkapkan sejumlah temuan dari survei bertajuk '2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey'. Survei ini dilakukan pada Agustus 2018 yang lalu dengan melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Survei ini dilakukan untuk memahami arti penuaan dengan sehat bagi konsumen di Asia Pasifik. Selain itu, survei ini ditujukan untuk memahami langkah apa yang telah diambil dan hal apa saja yang berpengaruh dalam menghadapi fase penuaan yang sehat seiring bertambahnya usia bagi masyarakat di Asia Pasifik.

Hasil survei ini bersamaan dengan diselenggarakannya kegiatan Wellness Tour 2018 sekaligus kegiatan tahunan kesebelas pada September dan Oktober di 11 negara Asia Pasifik.

Survei menunjukkan mayoritas dari responden Indonesia (70 persen) meyakini bahwa arti dari dari menjalankan proses penuaan dengan sehat adalah jika tidak mengalami penyakit kronis atau akut. Sebanyak 69 persen dari responden juga menyatakan menua dengan sehat berarti tidak menjadi beban keluarga di masa tuanya.

Temuan yang menggembirakan

Temuan yang cukup menggembirakan ialah mayoritas responden di Indonesia (71 persen) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat. Bahkan 90 persen responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan.

"Tingginya kesadaran masyarakat di Indonesia akan pentingnya mengambil langkah-langkah positif yang diperlukan untuk dapat menua dengan sehat," ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi, dalam konferensi pers, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Merujuk pada data yang dirilis oleh Asia Pacific Risk Center, yang menyatakan bahwa Asia Pasifik merupakan kawasan yang mengalami penuaan populasi tercepat di dunia dengan lebih dari 200 juta orang diperkirakan akan memasuki usia tua (berusia 65 tahun ke atas) mulai dari sekarang hingga 2030 mendatang.

“Seiring dengan cepatnya penuaan populasi di kawasan, kita akan menghadapi tantangan-tantangan baru pula di sisi sosial dan ekonomi. Maka dari itu, kami percaya masyarakat harus diedukasi akan pentingnya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melalui fase penuaan dengan sehat,” imbuh Andam Dewi.

Lanjutkan Membaca ↓