Sukses

Lifestyle

Selain pakai jeruk, ini cara lain menghilangkan bau amis pada ikan

Fimela.com, Jakarta Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tapi ternyata masih ada sejumlah cara dan alternatif lain yang bisa dipilih untuk menghilangkan bau amis ini.

Demi menghasilkan olahan ikan yang sedap dan lezat, proses membersihkan ikan harus dilakukan dengan baik. Termasuk saat menghilangkan bau amisnya, perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak merusak rasa dan kualitas dagingnya tetap terjaga. Nah, berikut sejumlah alternatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau amis pada ikan selai menggunakan air perasan jeruk.

1. Menggunakan jahe

Aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, kemudian dibalurkan ke ikan untuk kemudian dicuci bersih.

2. Menggunakan garam

Cara yang satu ini sangat mudah. Tinggal cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, baru cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Sebisa mungkin ketika ikan dioleh tidak menggunakan garam yang terlalu banyak agar tidak keasinan.

3. Menggunakan cuka

Larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan dalam larutan tersebut selama kurang lebih lima menit. Setelah itu bisa dicuci bersih dengan air yang mengalir.

4. Menggunakan asam jawa

Remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dualu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Kalau ada daun serai bakal lebih bagus lagi karena aroma daun serai bisa membantu menetralkan bau amis pada ikan.

5. Menggunakan mentimun

Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

6. Menggunakan cuka

Larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan pada larutan tersebut selama beberapa menit. Atau cukup dioleskan saja ke daging ikan untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

Ya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Semoga tips dan infonya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading