Box To The Beat, olahraga tinju favorit Gigi Hadid hadir di Jakarta

Anisha Saktian Putri02 Nov 2018, 15:00 WIB
Boxing Gloves / Image: Unsplash

Fimela.com, Jakarta Tinju bukan lagi olahraga berat yang hanya bisa dilakukan oleh atlet atau orang terlatih. Kini, tinju pun sudah bisa dilakukan oleh siapa saja. Pilihan olahraga tinju kini pun semakin banyak, salah satunya kelas SCÜLPT. Sahabat FIMELA ada yang sudah mencoba olaharaga tinju ini? 

Di Amerika, SCÜLPT sudah dikenal sejak 2017. Gigi Hadid adalah salah satu aktris yang mengidolakan olahraga tinju ini. Lewat interview ekskulif Gigi Hadid bersama VOGUE, Bella's sister ini mengaku jika SCÜLPT adalah olahraga tinju yang jauh lebih menantang dan menguras keringat, karena membutuhkan fokus saat melakukannya. Uniknya lagi, olahraga ini dilakukan di dalam ruangan gelap. Uhm, penasaran?

So happy, kita tidak perlu terbang ke Amerika untuk melakukan olahraga ini. Hadir di Jakarta, SCÜLPT baru saja diperkenalkan oleh Ü Studio. Jeremy Tanu, selaku founder of Ü Studio menjelasakan SCÜLPT merupakan kelas fitness yang bedurasi selama 45 menit yang terinspirasi dari boxing yang mengikuti irama musik.

"Program kami dirancang dengan baik untuk mendorong pikiran positif. Kelas ini kelasnya berfokus pada ritme, koordinasi, dan tinju," ujar Jeremy saat ditemui di Blue Zone, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Jeremy mengatakan kelas tinju ini tidak menggunakan samsak yang terbuat dari pasir seperti pada umumnya. Melainkan, menggunakan Aqua Training Bag yang sangat bagus untuk semua gerakan tinju.

"Menggunakan air karena akan menyerap semua benturan yang terjadi maka sendi yang ada di tangan bebas dari peluang cedera. Sebab, cedera pada tangan bisa dirasakan ketikan semakin bertambahnya usia. Jadi bisa dibilang, tinju ini adalah investasi di masa tua," Tambahnya.

Saat memasuki Ü Studio. di Blue Zone lantai 2 tidak ada kesan terang seperti studio olahraga pada umumnya. Memiliki tag-line "inspire the Üninspired", ruangan studio pun dibuat menjadi lebih gelap.

Menurut Jeremy, konsep gelap pada studinya bertujuan agar setiap orang yang melakukan boxing memiliki pikiran dan jiwa yang lebih tenang. Serta membuat lebih percaya diri.

"Biasanyakan kalau tempat fitnes atau studio olahraga tuh terang. Kita bisa lihat gerakan sekeliling kita. Jadi jika gerakan kita tidak sebagus orang lain, justru malah nggak percaya diri. Nah, kalau ruangannya gelap, kita akan lebih fokus pada diri sendiri," paparnya.

Last but not least, informasi langsung dari founder Ü Studio, menyarankan untuk melakukan olahraga ini, sebaiknya dilakukan di pagi hari. Ketika tubuh masih dalam keadaan prima dan energi pun maksimal.