Yuk Coba redakan stres dengan metode peregangan TRE

Anisha Saktian Putri05 Nov 2018, 19:30 WIB
stres

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan menumpuk, lalu lintas yang padat, beban ekonomi, dan trauma biasanya beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi stres. Padahal, stres dapat mendatangkan penyakit.

Emosi yang tak stabil dan insomnia pun menjadi efek yang sangat terlihat ketika sedang mengalami stres. Agar kualitas hidup tidak menurun karena stres, sahabat Fimela bisa mencoba metode TRE.

Apa itu TRE? Menurut Founder TRE Indonesia, Bapak Hindra Gunawan, TRE atau Trauma Releasing Exercises adalah teknik sederhana untuk melepaskan stres dan ketegangan pada tubuh yang dapat dilakukan tanpa perlu bersusah payah menceritakan masalah yang kita alami.

Teknik ini diciptakan oleh Dr. David Berceli, Ph.D yang selama puluhan tahun telah menggunakan teknik ini untuk menangani korban trauma di Beirut, peristiwa 9/11, badai katrina dan peristiwa lainnya. Bahkan kini, teknik ini telah tersebar di 35 kota di Indonesia sejak Desember 2016 serta sudah diikuti lebih dari 8.000 orang.

“TRE bekerja untuk melepaskan stres atau ketegangan pada tubuh tanpa perlu menceritakan masalah kita. Bahkan yang luar biasa dari teknik ini adalah sekali belajar saja bisa digunakan selama-lamanya. Ini adalah karunia Tuhan berupa kecerdasan tubuh dimana tubuh bisa menghealing dirinya sendiri,” paparnya saat ditemui di Jakarta.

Gerakan TRE

DR David Berceli, Ph.D. menjelaskan lebih lanjut mengenai proses TRE yang terdiri dari enam gerakan peregangan tubuh yang membuat ketegangan pada badan/otot menjadi lepas dengan suatu proses getaran (shaking) pada otot yang terjadi secara otomatis.

Getaran (shaking) otomatis yang dikontrol sendiri oleh tubuh ini disebut neurogenic muscle tremors (getaran otot yang dipicu dan dikontrol oleh system syaraf). Latihan ini berupa peregangan pada bagian tubuh/otot tertentu yang akan memicu otot bergetar secara otomatis dan alami. “Setelah teknik ini dipelajari maka tubuh kita sudah melakukan tremor atau shaking yang bisa melepaskan ketegangan, stres dan trauma yang kita miliki tanpa perlu melakukan senam lagi,” ucapnya.

Oleh karena itu teknik ini juga dikenal dengan Teknik yang Revolusioner dalam melepaskan trauma, sederhana dan powerful sehinga TRE dalam waktu relative singkat sudah berkembang di 60 negara.

Lanjutkan Membaca ↓