Sukses

Lifestyle

Bahan-bahan andalan yang bisa digunakan sebagai penyedap rasa

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat makanan jadi terasa lebih enak dan nikmat, kita perlu menggunakan penyedap rasa yang tepat. Penyedap rasa dari bahan-bahan dapur alami pun bakal membuat hidangan jadi lebih enak. 

Bagi yang baru belajar memasak atau mencoba membuat hidangan yang lebih sehat, referensi ini bisa jadi info yang sangat penting. Karena pada umumnya kita bisa membuat hidangan yang sedap hanya dengan menambahkan sejumlah bahan tertentu yang sangat mudah didapatkan berikut ini.

1. Garam dan bawang putih

Aneka hidangan bisa makin terasa sedap dan gurih bila ditambahkan garam dan bawang putih. Bawang putih bisa kita haluskan terlebih dahulu lalu dicampur dengan garam untuk kemudian ditambahkan ke masakan. Atau kalau mau cara yang lebih simpel, kita bisa tambahkan bawang putih yang sudah digeprek atau dihancurkan ke hidangan yang kita buat. Aroma masakan pun jadi terasa lebih sedap dengan bawang putih ini.

2. Duo gula dan garam

Gula dan garam dengan takaran yang tepat bisa digunakan untuk membuat masakan jadi terasa lebih sedap. Rasa asin dan manis bila berpadu dengan kombinasi yang pas akan menciptakan rasa gurih yang enak di lidah. 

3. Bawang merah goreng

Iris tipis bawang merah lalu goreng. Setelah itu bawang merah goreng bisa diremukkan jadi bubuk kasar. Bawang merah goreng ini pun bisa ditambahkan ke aneka olahan atau hidangan untuk mendapatkan rasa gurih dan sedap. Bahkan untuk taburan nasi putih hangat pun juga nikmat. 

4. Terasi panggang

Terasi yang dibakar atau dipanggang sebentar bisa digunakan untuk membuat aneka hidangan jadi terasa lebih gurih. Terasi yang terbuat dari udang akan memberi cita rasa yang begitu nikmat untuk olahan makanan yang kita buat. Aroma terasi pun bisa menambah selera makan tersendiri.

5. Kemiri bakar

Pernah bikin nasi goreng yang bumbunya ditambah dengan kemiri bakar? Rasanya pun jadi lebih gurih dan sedap. Kemiri bakar bisa memberi aroma yang lebih menggugah selera. Kalau tidak ada kemiri bakar, kemiri biasa pun bisa digunakan untuk membuat hidangan yang lezat.

6. Kaldu tulang ayam atau sapi

Air kaldu dari tulang dan daging ayam atau daging sapi asli bisa menambah cita rasa makanan yang super lezat. Ada baiknya kita menyiapkan stok kaldu di rumah yang bisa digunakan sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Rasa kaldu murni ini pun bisa membuat makanan jadi lebih gurih dengan tekstur yang terasa lebih ringan di lidah.

Ada banyak bahan yang bisa kita pakai untuk membuat masakan jadi terasa lebih sedap dan nikmat. Dengan bahan-bahan alami pun kita bisa menghasilkan cita rasa yang sedap dan sajian yang lebih sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading