Sukses

Lifestyle

Memasak buncis agar renyah dan tidak alot, yuk ikuti tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Memasak buncis sepintas terlihat gampang. Tapi tak bisa dipungkiri kalau kadang buncis rasanya kurang renyah dan cenderung keras ketika sudah diolah atau dijadikan masakan.

Ketika memilih buncis, sangat disarankan untuk memilih yang segar dan berwarna hijau muda. Karena buncis yang terlalu tua akan liat dan kurang enak saat diolah. Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa dicoba untuk memasak buncis agar renyah dan tak liat. Yuk, simak infonya di bawah ini.

1. Potong ujung buncis

Ujung-ujung buncis perlu dipotong, tapi jangan sampai putus untuk kemudian ditarik agar serat di tepi buncis bisa dibuang. Dengan cara ini, saat dimasak buncis bisa matang lebih merata dan cepat.

2. Rebus dengan air garam

Setelah buncis dibersihkan dan dipotong, kita bisa merebusnya dengan air garam. Rebus sampai cukup empuk sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Rendam dalam wadah berisi air es

Setelah buncis selesai direbus, kita bisa langsung merendamnya ke wadah yang berisi air es. Bisa juga dimasukkan ke wadah yang berisi es batu yang diberi sedikit air. Diamkan beberapa saat sampai buncis sudah benar-benar dingin, lalu tiriskan.

4. Kukus sekitar 2 menit

Selain direbus, untuk menghasilkan hidangan buncis yang renyah kita juga bisa mengukusnya. Siapkan panci pengukus, panaskan sampai air mendidih. Baru masukkan buncis untuk dikukus dengan api sedang. Sekitar 2 menit, buncis biasanya sudah lebih empuk dan renyah.

5. Untuk tumisan, jangan menggunakan terlalu banyak air

Kalau mau membuat tumisan buncis, jangan menggunakan terlalu banyak air. Kalau terlalu banyak menggunakan air, buncis nanti bisa terlalu lembek.

Memasak buncis agar tetap renyah dan berwarna hijau segar, kita memang perlu memperhatikan sejumlah hal. Setelah mengetahui tips-tips di atas, sekarang pastinya sudah lebih percaya diri untuk membuat hidangan buncis yang lebih sedap, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading