Sukses

Lifestyle

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi Badan

Fimela.com, Jakarta Tidak kalah dengan standar bentuk tubuh, berat badan ideal pun menjadi standar kecantikan perempuan. Namun, berbeda dengan standar kecantikan dari bentuk tubuh seorang perempuan, berat badan tidak hanya berkaitan dengan penampilan namun juga kesehatan. 

Pasalnya, jika berat tubuh seseorang berada di atas atau di bawah angka ideal, maka hal ini juga akan memengaruhi kesehatannya. Tubuh dengan berat badan yang kurang, tulis Live Strong, biasanya mudah terkena penyakit. 

Sementara itu, berat badan berlebih juga rentan penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Untuk itu, memiliki berat badan ideal itu penting bagi setiap perempuan. 

 

Dilansir dari Mayo Clinic, berat badan ideal tidak lepas dari tinggi badan seseorang. Jadi, angka berat tubuh yang besar belum tentu dinilai terlalu gemuk. Lalu, bagaimana cara menghitung berat badan ideal?

Menggunakan Kalkulator BMI

BMI atau Body Mass Index merupakan salah satu perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan untuk mengetahui berat badanmu sudah ideal atau belum. 

Cara menghitungnya sangat mudah. Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan) (m). Jika angka yang dihasilkan berada di antara 18,5-25, BMI-mu termasuk normal. Namun, cara ini tidak bisa dipraktikkan pada para atlet atau pun sahabat Fimela yang berolahraga mengangkat beban dan membentuk otot. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading