Sukses

Lifestyle

Begini Cara Menjaga Kesehatan Mulut dengan Tepat

Fimela.com, Jakarta Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang tepat untuk merawat kesehatan mulut dan gigi. Sehingga bisa terhindar dari segala jenis masalah mulut dan gigi.

Penduduk Indonesia mengalami peningkatkan masalah gigi dan mulut. Di mana 26 persen penduduk Indonesia masih memiliki masalah gigi dan mulut. Hanya 31 persen yang melakukan perawatan mulut dan gigi dengan tepat. Salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dialami oleh orang Indonesia adalah penyakit gusi.

Menurut drg. Sri Angky Soekantor, Ph.D., PBO selaku Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, penyakit gusi atau karies bisa disebabkan karena timbunan plak yang terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.

"Untuk mengetahui bahwa seseorang mengalami penyakit gusi dapat dilihat dari beberapa tanda dan gejala umum seperti gusi berwarna kemerahan, nyeri, bengkak, rentan mengalami pendarahan, dan bau nafas yang tidak sedap," ujar drg. Sri Angky Soekantor, Ph.D., PBO.

Jika dibiarkan, maka penyebab penyakit gusi akan menyebar ke jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan mulut dan mencegah terjadinya penyakit gusi adalah menyikat gigi dua kali sehari secara rutin.

 

Diperlukan berkumur dan flossing

Nyatanya, menyikat gigi saja tidak cukup. Karena menyikat gigi hanya menjangkau 25 persen bagian mulut. Sehingga kuman yang ada di mulu tetap tidak tersentuh semua. Selain menyikat gigi, Sahabat Fimela juga harus berkumur dan flossing. Di mana berkumur dapat membantu melawan dan melenyapkan sisa-sisa bakteri yang bersarang pada mulut, terutama gigi dan gusi.

“Berkumur sendiri dapat melindung area mulut selama 12 jam, maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mulut yang bersih, sebaiknya berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi,” tambah drg. Sri Angky Soekanto.

Perawatan gigi dan mulut dengan berkumur bisa dilakukan selama 30 detik dan dilakukan dua kali sehari. Sehingga perawatan kesehatan mulut bisa tetap optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading