Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Ayu Puji Lestari15 Nov 2018, 13:25 WIB
Timbangan

Fimela.com, Jakarta Berat badan yang ideal adalah idaman setiap perempuan. Memiliki berat badan yang ideal artinya memiliki pola hidup yang sehat. Saalh satu cara untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan kalkulator BMI.

Apa itu BMI? BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index. BMI merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan yang kemudian dihitung dan diketahui apakah berat badan sekarang ideal atau masuk dalam kategori kurus atau gemuk.

Cara menghitung berat badan dengan menggunakan kalkulator BMI dapat dimulai pada umur 20 tahun. Perhitungan untuk di bawah usia 20 tahun berbeda. Namun cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan kalkulator BMI akan sedikit menyesatkan bagi atlet atau olahragawan. Hal ini dikarenakan berat badan berasal dari massa otot. Jadi, bisa saja BMI menunjukkan kegemukan, padahal tidak.

Rumus BMI: Berat Badan/(Tinggi Badan*Tinggi Badan)

Keterangan :

  • Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
  • Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)
2 of 2

Termasuk Kategori Gemuk, Kurus atau Ideal

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Thought Catalog.

Kalkulator BMI ini membantumu untuk mengetahui bagaimana berat badanmu. Ideal atau justru terlalu kurus bahkan gemuk. Dengan mengetahui kategori BMI maka otomatis, Sahabat Fimela dapat mengetahui termasuk kategori mana.

Nilai BMI (IMT)

  • < 17,0 : Kurus, Kekurangan berat badan berat
  • 17,0 – 18,4 : Kurus, Kekurangan berat badan ringan
  • 18,5 – 25,0 : Normal
  • 25,1 – 27,0 : Gemuk, Kelebihan berat badan tingkat ringan
  • > 27 : Gemuk, Kelebihan berat badan tingkat berat

Jika angka BMI di atas 27 dan di bawah 18 meminta saran dokter atau memperbaiki pola hidupmu agar berat badan menjadi ideal.Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓