Minyak Kelapa Lebih Sehat? Kenali Kandungan dan Efeknya!

Febi Anindya Kirana16 Nov 2018, 12:07 WIB
minyak kelapa

Fimela.com, Jakarta Minyak kelapa adalah salah satu minyak yang dikategorikan sebagai minyak sehat, jika dibanding minyak goreng lainnya. Namun apa keunggulan dari minyak kelapa, padahal sama-sama lemak?

Seperti namanya, minyak kelapa memang terbuat dari buah kelapa dan diyakini menjadi alternatif lebih baik dibanding minyak kelapa sawit atau mentega dan margarin. Dalam suhu kamar, minyak kelapa bisa berubah menjadi padat berwarna putih.

Dilansir dari Live Science, dalam survei tahun 2016 yang diterbitkan dalam The New York Times, sebanyak 72 persen konsumen menilai minyak kelapa sebagai "makanan sehat". Namun sebaliknya, ahli nutrisi menganggap minyak kelapa mengandung lemak jenuh tinggi, sebesar 92 persen sehingga menyarankan untuk menggunakannya dalam jumlah sedikit saja.

Penelitian 2016 yang terbit dalam jurnal Nutrition Reviews bahkan menemukan, orang yang mengonsumsi minyak kelapa memiliki kadar kolesterol total dan LDL yang lebih tinggi daripada mereka yang mengonsumsi lemak tak jenuh lainnya seperti mentega.

Penulis menyimpukan, hanya sedikit bukti yang menunjukkan bahwa minyak kelapa mengandung manfaat tinggi untuk kesehatan jantung. Kemudian American Heart Association tahun 2017 tidak merekomendasikan penggunaan minyak kelapa terlalu banyak karena terbukti meningkatkan kolesterol jahat (LDL).

Jadi jangan salah sangka dan menganggap minyak kelapa lebih sehat ya. Karena ternyata itulah kandungan minyak kelapa dan efeknya untuk kesehatan tubuh.