Sukses

Lifestyle

Tips agar Apel Tidak Berubah Warna Setelah Dipotong

Fimela.com, Jakarta Apel adalah buah sehat yang patut dijadikan menu camilan harian. Tapi seringkali apel akan berubah warna jika sudah dipotong sehingga warnanya tak lagi cantik jika dibiarkan lama atau dijadikan bekal.

Apel memang mudah teroksidasi jika dipotong dan mengalami kontak dengan udara. Efeknya adalah perubahan warna menjadi kecokelatan meski rasanya tidak berubah. Lalu bagaimana caranya menjaga agar apel tidak berubah warna setelah dipotong?

Dilansir dari Easylunchboxes, ada beberapa cara yang bisa dicoba, seperti berikut ini.

1. Merendam dengan air garam

Setelah dipotong, larutkan garam dengan air secukupnya. Kemudian rendam sebentar apel karena garam mencegah oksidasi apel dan melindungi permukaannya. Tak perlu terlalu lama dan terlalu banyak garam jika tak ingin apel jadi terasa asin.

2. Memberi air lemon

Perasan jeruk lemon juga bisa menghambat oksidasi apel sehingga apel yang sudah terpotong tidak berubaha warna. Bisa dicuci sekilas jika tak ingin rasa asamnya terlalu mengganggu saat makan apel.

3. Memotong apel di dalam air

Cara ini mungkin agar merepotkan, tapi bisa dicoba. Karena saat terendam air, apel tidak kontak langsung dengan udara sehingga bisa memperlambat perubahan warna.

4. Merendam di dalam air ascorbic acid

Apa pun yang mengandungan asam (vitamin C) sepertinya bisa menyelamatkan apel agar tidak berubah warna. Butiran asam bisa dilarutkan dan apel direndam di dalamnya sebentar. Vitamin C pada asam akan menghambat oksidasi. Bisa juga menggunakan cuka apel.

Itu dia sekian cara yang bisa dilakukan agar apel tidak berubah warna kecokelatan. Bisa dicoba di rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading