Sukses

Lifestyle

5 Tips Menggoreng Makanan agar Rendah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak begitu dianjurkan bagi banyak ahli kesehatan. Bukan hanya kalorinya yang bertambah banyak, namun juga meningkatkan kadar kolesterol.

Ada banyak sekali makanan enak yang digoreng dan sulit melepaskan godaan makan makanan yang digoreng. Tapi bagaimana jika kolesterol naik? Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol pada makanan yang digoreng, ini cara-cara sederhana yang bisa dilakukan.

1. Goreng dengan minyak bersih

Gunakan minyak baru yang bersih karena makanan masih terjaga kualitasnya, dan kadar kolesterolnya tidak terlalu banyak dibanding minyak yang sudah dipakai berulang kali.

2. Goreng dengan minyak panas

Jangan menggoreng pada minyak yang belum panas karena makanan cenderung menyerap lebih banyak minyak. Goreng pada saat minyak sudah benar-benar panas, dengan begitu gorengan akan segera matang dan kering. Tapi jangan menggunakan api terlalu besar.

3. Serap dengan kertas atau tisu

Setelah ditiriskan dari minyak panas, segera taruh di piring yang sudah dilapisi kitchen paper atau tisu sehingga bisa menyerap minyak yang tersisa. Dengan begini, tidak terlalu banyak minyak yang masuk ke tubuh.

4. Jangan memanaskan makanan yang sudah digoreng

Setelah menggoreng makanan sebaiknya tidak digoreng lagi, bukan hanya mengurangi nutrisinya tapi juga menambah kadar kolesterol karena minyak menyerap lebih banyak.

5. Jangan gunakan mentega atau margarin

Dilansir dari WebMD, sebaiknya jangan memasak dengan mentega atau margarin untuk mengurangi potensi lemak trans dan jenuh yang memicu kolesterol.

Itu dia sekian cara agar makanan yang digoreng bisa rendah kolesterol dibanding digoreng apa adanya. Meski enak namun memang sebaiknya dikurangi ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading