Sukses

Lifestyle

Saatnya Beraksi! (Di acara kantor)

vemale.com-

Perusahaan tempat Anda bekerja akan mengadakan pesta tahunan? Persiapkan diri Anda dengan baik, karena ini adalah saatnya untuk... pendekatan. Pasang senyum terbaik Anda, ladies!

Si Bos

Mengapa ia perlu didekati? Well ladies, tidak setiap hari kan Anda berkesempatan untuk mengucapkan sesuatu selain, “Mohon approval-nya, pak” kepada sang atasan? Manfaatkanlah peluang langka ini untuk mengakrabkan diri dengannya. Ya, setidaknya buat dia menyadari bahwa Anda eksis. Be outstanding! Siapa tahu kalau nanti ia membutuhkan sesuatu, nama Andalah yang akan pertama muncul di kepalanya.

Caranya: Ucapkan terima kasih padanya atas acara kantor yang meriah ini. Kalau perlu, jabatlah tangannya dengan hangat. Gestur simpel seperti itu akan mengirimkan energi positif kepadanya. Tapi ingat, saat ini belum tepat untuk mengungkapkan keluh kesah Anda atas permasalahan di perusahaan. Curhat hanya akan membuatnya merasa tidak enak dan menciptakan suasana yang kurang nyaman. Save it for another day.

Istri Bos

Mengapa ia perlu didekati? Untuk hal-hal di luar urusan pekerjaan, dialah yang menjadi “mata” dan “telinga” si bos. Membuat kesan yang baik di hadapannya sudah pasti akan menjadi nilai plus bagi Anda.

Caranya: Katakan padanya bahwa event ini berjalan dengan sangat lancar, karena ia menganggap segala sesuatu yang membanggakan. Jangan sekali-sekali mengatakan, “Ibu kok sabar sih ditinggal Bapak bekerja sampai 15 jam setiap hari. Apa rahasianya?” anda mungkin merasa sedang memuji, but you never know, darling.

Supervisor

Mengapa ia perlu didekati? Memang terkadang ia membuat hidup Anda bak di neraka, namun ia berada di posisinya sekarang karena satu alasan: Ia bekerja keras untuk menuju jenjang karier teratas di perusahaan. Perhatikan bagaimana ia “beraksi” selama acara perusahaan ini berlangsung. Siapa tahu Anda bisa belajar banyak darinya.

Caranya: Di pesta, biasanya ia akan dikelilingi oleh beberapa bawahannya yang lain. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dekati grup-nya dengan mengobrol. Melihat Anda dapat membawa diri dengan baik akan menjadi nilai lebih di matanya. Sedikit pujian pun bisa Anda berikan. Cari sesuatu darinya yang benar-benar layak diberi pujian. Tapi harus benar-benar tulus ya!

Klien

Mengapa ia perlu didekati? Mengakrabkan diri dengan klien dalam suasana informal bisa membuat Anda mengenalnya secara lebih pribadi. Ingat (atau catat!) hal-hal yang penting tentang dia, karena itu akan sangat membantu apabila kelak Anda berhubungan lagi secara profesional dengannya.

Caranya: Sambut dan dekati dia dengan wajar. Tapi cek situasi dulu, mungkin saja ia masih berharap diperlakukan sebagai klien penting walaupun berada di acara informal. Gunakan nada bicara yang friendly saat mengobrol. Oh ya, satu hal lagi... No flirting with clients!

Rival Kerja

Mengapa ia perlu didekati? Secara etika, mengabaikan orang lain dalam sebuah acara informal perusahaan itu adalah salah. Anda tetap perlu berbasa-basi dengannya. Tak perlu berlama-lama, Anda boleh meninggalkannya kapan saja kok.

Caranya: Sebelum mendekatinya, tunggu hingga ia benar-benar sendirian. Dengan begitu, ia tak akan berusaha untuk show off atau merendahkan Anda di depan orang lain. Tersenyumlah dan ucapkan padanya “Enjoy the night!” sebelum berpisah. Siapa tahu sikap positif Anda akan menular dan ia membalasnya.

Si Pencuri Hati

Mengapa ia perlu didekati? Inilah waktu untuk Anda mencari tahu lebih banyak tentangnya langsung dari yang bersangkutan. Right ladies, sudah saatnya Anda berhenti mencari informasi ke sana ke mari mengenai si dia yang belum pasti kebenarannya.

Caranya: Dekati dia dengan santai dan tanya pendapatnya mengenai sesuatu, misalnya “Kami sudah mencoba tiramisu-nya belum? Enak sekali, lho...” Cara ini adalah icebreaker yang manjur, dan ia pasti akan merespon Anda. Selanjutnya obrolan ringan pun akan mengalir. Kuncinya adalah mencari tahu apakah Anda berdua memiliki interest yang sama, lalu lihat apakah ada kemungkinan hubungan Anda dengannya bisa meningkat.

Si “anak” Baru

Mengapa ia perlu didekati? Anda pernah berada di posisi mereka kan? So, Anda pasti tahu bagaimana rasanya berada di acara perusahaan. Really intimidating! Dengan mendekatinya, maka ia akan merasa lebih nyaman dan sangat berterima kasih pada Anda. And you’ll have a new friend!

Caranya: Ajak dia untuk datang ke pesta lebih awal. Tujuannya agar ia memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri, dan membuat Anda berkesempatan untuk mengenalkannya kepada semua yang berdatangan satu per satu. Jauh lebih mudah daripada berkenalan dengan semua orang saat ruangan sudah penuh dan acara sudah dimulai. [initial]

Source: Cosmopolitan, Edisi Maret 2012, halaman 214

(Cosmo/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading