Sukses

Lifestyle

Yang Harus Dilakukan Saat Resign Atau Pindah Pekerjaan

Yang namanya pekerja kantor, ada masanya Anda harus berhenti. Tidak selamanya kita menjadi bagian dari sebuah perusahaan. Dengan alasan pindah perusahaan, ingin memulai wirausaha atau ingin fokus mengurus anak, apapun alasan itu, Anda harus berpamitan dengan cara yang baik dan sopan.

Inilah yang harus Anda lakukan saat waktu perpisahan itu tiba.

Selesaikan Tanggung Jawab

Anda diharuskan mengajukan surat pengunduran diri sebulan bahkan beberapa bulan sebelum waktu yang Anda tetapkan untuk keluar (tergantung kebijakan perusahaan). Selama masa itu, pastikan Anda tetap melakukan tugas dan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan. Rapikan semua file dan jika sudah ada orang yang menggantikan posisi Anda, ajarkan semua hal yang harus dia lakukan. Pastikan semua pekerjaan beres agar tidak ada tugas tersisa ketika Anda meninggalkan kantor.

Rapikan Meja

Saat Anda memakai meja kerja, pastikan semua barang pribadi Anda sudah Anda rapikan dan siap dibawa pulang. Kembalikan semua inventaris kantor. Jangan lupa hapus semua file pribadi Anda di dalam komputer, jika ada file yang ingin Anda simpan, pindahkan dalam flashdisk pribadi. Jangan sampai ada file yang tersisa. Ganti wallpaper komputer dengan wallpaper standart. Pastikan tidak ada sampah atau kertas sisa di dalam laci meja. Jangan sampai pengganti Anda menganggap Anda sebagai wanita yang jorok dan tidak rapi.

Email Perpisahan

Jangan lupa mengucapkan sampai jumpa lagi melalui email. Masukkan saja semua nama dalam satu email, karena email ini lebih bersifat kekeluargaan. Jika rekan kerja Anda adalah orang yang ramah, tuliskan pengalaman menyenangkan saat Anda menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada rekan kerja atau meminta maaf bila ada sikap Anda yang kurang berkenan. Sertakan juga nomor handphone atau kontak Anda, agar bisa mereka simpan dan silaturahmi tetap berjalan.

Perpisahan yang baik dan hangat akan meninggalkan kesan bahwa Anda adalah pribadi yang hangat dan menyenangkan. Siapa tahu, di lain waktu ada kesempatan untuk bekerja sama dengan rekan kantor lama, sehingga penting untuk menjaga nama baik, bahkan di saat Anda berpisah dengan perusahaan tersebut.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading