Sukses

Lifestyle

Cara Mencincang Bawang Yang Benar

Apa yang biasanya Anda lakukan saat mencincang bawang?

Dipotong terlebih dahulu baru dicincang, digeprek dulu baru dicincang, atau langsung dicincang saat ukurannya besar? Mari kita lihat tips dari chef team dari James Oliver berikut ini.

Mencacah bawang yang benar sebenarnya ada tekniknya. Tujuannya jika dicacah dengan benar, maka aroma yang keluar akan lebih wangi.

Perlu diketahui, bawang adalah bumbu yang tak perlu dicuci dengan air sebelum memasak. Konon, apabila sebelum memasak bawang dicuci, maka aromanya akan berkurang dan masakan jadi kurang sedap.

Menurut Pete dari team James Oliver, inilah beberapa yang harus disiapkan:

  • Pertama, siapkan bawang tanpa dicuci terlebih dahulu
  • Kedua, siapkan talenan khusus, sebaiknya dipisah dari talenan untuk buah agar aromanya tidak mengontaminasi buah.
  • Ketiga, siapkan pisau yang cukup tajam dan agak lebar.

Mari kita mulai caranya:

 

Letakkan bawang yang hendak dicacah di atas talenan (boleh belum dikupas untuk bawang organik, atau dikupas terlebih dahulu.)

Geprek menggunakan pisau. Pastikan posisi pisau berada di atas bawang dengan benar (tidak miring). Kini letakkan telapak tangan di atas pisau yang dimiringkan, kemudian geprek bawang tersebut.

Cincang bawang yang telah digeprek.

Jika ukurannya masih kurang kecil, rapikan ke tengah, kemudian cincang kembali. Posisi pisau ke bawah, tangan di bagian atas, kemudian pisau digerakkan tanpa diangkat terlalu ke atas (lihat video).

Dengan cara ini, bawang yang dicincang bisa disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Aroma yang keluar akan lebih harum, dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di dapur.

Baca Juga:

Manfaat Sehat Bawang Putih, Mulai Telinga Hingga Jantung

8 Khasiat Bawang Putih Mentah

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading