Sukses

Lifestyle

Macam-Macam Bentuk Pisau Dapur dan Kegunaannya

Saat masuk dapur, ada banyak peralatan yang harus kamu ketahui beda dan apa kegunaannya. Salah satunya adalah pisau dapur. Pisau tidak sekedar alat potong, karena ada banyak jenis pisau dapur yang memiliki fungsi berbeda.

Agar kamu tidak salah pakai, inilah beberapa pisau dapur yang harus kamu ketahui perbedaan fungsinya.

 

 

 

Pisau Serba Guna - Chef's Knife

Pisau ini bisa memotong berbagai bahan, hampir semua bahan masakan atau makanan dapat dipotong dengan pisau ini. Karena itu, banyak wanita lebih suka memiliki satu pisau serba guna ini ketimbang satu set pisau yang kegunaannya cukup membingungkan. Pisau ini paling baik digunakan mengiris bahan makanan, mememarkan bawang putih atau merica.

Pisau Besar - Cleaver Knife

Pisau dengan penampang yang sangat besar ini sering dipakai juru masak China, sehingga nama lainnya adalah Chinese Chef's Knife. Paling baik dipakai untuk membelah atau memotong tulang ayam. Bisa juga digunakan menyincang daging, memotong sayur, mengiris atau mememarkan jahe dan bawang putih. Karena beratnya lumayan, pisau ini lebih sering dipakai memotong ayam.

Pisau Roti - Serrated Knife

Seperti namanya, pisau ini digunakan untuk mengiris kue atau roti. Cirinya adalah bagian bawah yang berbentuk gerigi tipis. Tekstur tersebut dirancang agar hasil potongan roti atau cake lebih halus dan lembut. Pisau ini bisa juga dipakai untuk memotong sayur dengan tekstur kulit luar yang licin, misalnya tomat, terong, atau mentimun.

Pisau Fillet - Boning Knife

Bentuk pisau ini memanjang dengan bentuk yang lebih ramping dibandingkan pisau serba bisa. Fungsi utamanya adalah memisahkan daging ayam dari tulangnya, membuat irisan yang sangat tipis pada daging, memisahkan ikan dari tulangnya, juga membuang urat atau lemak.

Pisau Ukir - Paring Knife

Pisau ini biasanya memiliki ukuran kecil. Bentuknya lebih pendek dengan lekuk melengkung. Sesuai namanya, pisau ukir dipakai untuk mengukir buah dan sayuran. Bentuknya yang kecil membuat pemakainya bisa fleksibel mengukir berbagai bentuk buah atau sayur sebagai hiasan masakan.

Pisau Iris - Slicing Knife

Pisau ini hampir mirip pisau serba guna, tetapi bentuknya lebih sempit dan tipis. Gunanya adalah mengiris kulit buah hingga setipis mungkin. Bentuknya yang tipis sering membuat pisau ini digunakan sebagai pisau untuk mengiris daging asap, daging ayam atau sapi agar irisannya lebih rata dan rapi.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading