Sukses

Lifestyle

Facebook dan Twitter Bisa Merusak Keluarga dan Pertemanan

Saat menggunakan Facebook, Twitter atau media sosial lain, mungkin Anda pernah melihat beberapa orang bertengkar, perang status dan sebagainya. Atau mungkin Anda sendiri pernah terlibat dalam pertengkaran sejenis? Mulai sekarang sebaiknya Anda waspada, karena pertengkaran di dunia maya bisa merusak persahabatan di dunia nyata.

Orang Makin Tidak Sopan di Internet

Dilansir Huffingtonpost, sebuah survey pada 2.698 orang menunjukkan bahwa 78 persen pengguna merasakan makin banyak orang melakukan perbuatan kasar di dunia maya dibandingkan dunia nyata. Selain itu, pertengkaran di internet semakin berpotensi terseret hingga dunia nyata. Sebanyak 19 persen orang memblokir orang lain di internet karena terlibat pertengkaran.

"Dunia telah berubah dan sejumlah hubungan terbentuk melalui dunia maya, namun perilaku sopan santun tidak sebanding dengan perkembangan teknologi." ujar Joseph Grenny, seorang direktur firma pelatihan korporat VitalSmarts. "Begitu banyak orang saling tidak suka (secara online). Mengapa Anda masih menjelek-jelekkan orang lain di internet tetapi tidak berhadapan langsung dengannya?"

Memicu Pertengkaran Keluarga

Joseph juga menambahkan bahwa para responden dalam survey bercerita bahwa hubungan mereka dengan beberapa keluarga menjadi buruk bahkan tidak mau bicara dengan mereka karena pertengkaran yang di awali di internet. Hal yang sama bisa terjadi di tempat kerja, hal negatif yang dimulai di internet berlanjut hingga ketidaknyamanan dalam bekerja.

"Orang-orang sebenarnya sadar bahwa ada pembicaraan yang tidak seharusnya dilakukan di media sosial. Tetapi seperti ada dorongan untuk mengeluarkan emosi saat itu juga melalui situs-situs (media sosial)," lanjut Joseph.

Karena itu, ladies, pastikan Anda tetap bijaksana saat menggunakan internet. Jika ada hal yang harus dibicarakan, utarakan secara empat mata dengan orang yang bersangkutan, tidak perlu sampai diumbar di Facebook, Twitter atau media sosial yang lain. Be wise! :)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading