Severn Suzuki, Pidatonya Pernah Membungkam Konferensi PBB Selama 5 Menit

Fimela25 Apr 2013, 11:10 WIB
Foto dari Berbagai Sumber

Ladies, kehidupan semakin modern dan seringkali membutakan kita dari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan berbuat baik bagi orang banyak. 10 hal apa yang menjadi prioritas Anda dalam hidup saat ini? Mungkin menikah, menjadi pengusaha sukses, memiliki gadget baru, rumah dan sebagainya. Seringkali, hal seperti ini membuat kita larut dan fokus hanya pada hidup kita.

Severn Suzuki, pernahkah Anda mendengar namanya? Wanita ini sekarang berusia 33 tahun dan pernah menjadi salah satu nama yang menorehkan sejarah di usianya yang masih sangat belia yaitu 12 tahun. Saat itu ia mewakili ECO, sebuah organisasi anak-anak yang bergerak di bidang lingkungan.

Saat itu tahun 1992 dan Severn Suzuki menghadiri Konferensi PBB. Dengan dandanan yang bukan ala petinggi-petinggi dunia, ia menyuarakan sebuah fakta yang berhasil membungkam seluruh ruangan dengan pidatonya. Tanpa selembar teks pun, ia berbicara di hadapan orang-orang yang sudah jauh lebih berpengalaman dan berkecimpung di berbagai bidang PBB. Severn hanya berbekal keberanian dan kejujuran untuk bisa berbicara di depan seluruh penghuni ruang konferensi.

Foto dari Berbagai Sumber

Dalam pidatonya, Severn mewakilkan dirinya untuk anak-anak di masa depannya, untuk binatang-binatang yang kehilangan habitat mereka, untuk anak-anak miskin dan lingkungan di mana ia tinggal. Ia dengan tajam tanpa menyinggung, mengkritik orang-orang dewasa di hadapannya untuk berpikir andai mereka adalah anak-anak seperti dirinya.

Meski ia adalah seorang anak kecil, namun ia ingin mengingatkan bahwa kita semua hidup di planet yang sama untuk berbagi udara, air dan tanah. Seperti kita tahu, alam semakin banyak rusak karena perbuatan manusia. Maka ia ingin orang dewasa untuk lebih memperhatikan hal itu di samping kepentingan bisnis dan politik mereka. Hal ini bukan semata-mata mengenai pemikiran menjaga kelestarian saat ini, namun Severn juga ingin anak-anaknya di masa depan bisa menikmati hal yang sama (Anda juga ingin hal yang sama kan, Ladies?).

 Foto dari Berbagai Sumber

Pidato ini menjadi hits di Youtube. ditonton oleh lebih dari 25 juta penonton sejak lima tahun terakhir. Tak semua anak berusia 12 tahun bisa mendapatkan kesempatan bicara dengan anggota PBB dan mampu berpidato seperti itu di depan mereka. Dan perjuangan mengesankan wanita ini tak berhenti lewat video pidato tersebut. Hingga di usianya yang dewasa ini, Severn Suzuki masih banyak berkutat di bidang lingkungan karena kepeduliannya untuk menjaga kelestarian alam bagi anak cucunya kelak.

Ladies, kecantikan bukan hanya tentang pakaian bagus yang Anda kenakan, bukan sekedar menggunakan kosmetik-kosmetik mahal atau menggunakan perhiasan-perhiasan yang indah. Gaya hidup yang modern juga bukan karena gadget terbaru, bukan sekedar menghabiskan waktu di mall, pergi ke cafe yang bagus dan mengabadikan makanan-makanan enak.

Anda tak akan mendapatkan itu semua bila tak memiliki kemauan untuk turut serta memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Severn mengatakan bahwa ayahnya pernah berpesan, "Kita bukanlah apa yang kita katakan, namun apa yang kita lakukan." Jadi, mari kita mulai melakukan banyak hal baik bagi lingkungan. Sesederhana membuang sampah pada tempatnya atau lebih hemat menggunakan listrik. That's one of the real beauty.

Baca Juga

Kisah Nyata: Bocah Ini Meninggal Dua Hari Setelah Ia Menuliskan Kisah Kematiannya

Kisah Cinta Dua Insan Dengan Tubuh Tak Sempurna

Ke Manapun Pergi, Pria Ini Selalu Membawa Putrinya Yang Lumpuh Otak

Drama Ayah Tembak Laptop Karena Curhatan Anaknya di Jejaring Sosial

Momen Cute Gadis Kecil Yang Bertemu Ayahnya di Dekat Sumur Snow White

Apakah Anda Belajar Untuk Lulus Atau Belajar Untuk Kehidupan?

(vem/gil)