Sukses

Food

5 Fungsi Butter dalam Membuat Kue, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Selain tepung, salah satu bahan membuat kue yang tak kalah penting adalah butter atau mentega. Meski begitu, tak banyak yang tahu apa sebenarnya fungsi butter dalam resep kue. Bahan yang satu ini punya peran penting yang tak bisa diabaikan terutama memberikan hasil berbeda pada kue.

Butter sendiri setidaknya memiliki kandungan lemak sebesar 80%. Dilansir dari Baker Bettie, butter memberikan fungsi memberi rasa, melembutkan dan mengembangkan kue serta menurunkan efek gluten tepung. Berikut penjelasannya.

 

 

1. Memberi Rasa Khas pada Kue

Peran paling jelas yang diberikan butter pada kue adalah sebagai pemberi rasa. Kue tak akan memiliki rasa enak tanpa butter atau mentega. Bahkan jika yang digunakan adalah unsalted butter, namun memberikan rasa yang khas pada kue.

2. Memberi Tekstur Empuk dan Melembutkan Adonan

Butter akan membuat kue lebih empuk dan lembut ketika dimakan. Tekstur ini didapat dari lemak yang ada pada butter. Kue yang memiliki lemak akan memiliki tekstur halus dan lembut. Bandingkan dengan kue tanpa butter seperti kue gandum dan baguette yang kasar, kering dan keras.

 

3. Sebagai Pengembang Kue

Meski mungkin bukan bahan utama mengembangkan kue, namun butter cukup membantu mengembangkan adonan, contohnya pada adonan pastry yang berapis. Adonan pastry mampu mengembang karena bantuan butter.

 

4. Menjaga Kelembapan Kue

Melansir laman bakingnow.com, dalam pembuatan roti menambahkan butter bisa menjaga kelembapan adonan dengan lebih mudah. Sehingga kue bisa lebih empuk dan lembut lebih lama. Dalam pembuatan keik dan muffin, adonan tepung dan butter yang dikocok jadi satu bisa membuat hasil kue jadi lebih lembut.

 

5. Mencegah Roti Jadi Keras

Roti yang dibuat dengan butter seperti brioche dan cinnamon rolls lebih padat daripada baguettes atau roti sandwich. Melansir laman cakedecorist.com, lemak dalam butter memperlambat pembentukan glutten sehingga remah-remahnya terasa lebih lembut. Saat dikombinasikan dengan tepung, butter memisahkan protein dan air.

Itu dia fungsi butter dalam membuat kue. Butter memegang peran penting dalam membuat kue. Jadi ketika resep kue mengharuskan adanya butter, maka jangan diabaikan ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading