Sukses

Lifestyle

Festival Kuliner Bekasi, Perayaan Kuliner Tanah Air dengan Suasana Pedesaan

Merayakan kekayaan warisan kuliner nusantara, Summarecon Mal Bekasi, untuk pertama kalinya menggelar Festival Kuliner Bekasi (FKB). Event yang akan berlangsung rutin setiap tahun ini menyajikan berbagai makanan khas Indonesia yang telah menjadi menu favorit bagi sebagian besar masyarakat.

Dalam setiap penyelenggaraannya, FKB akan mengangkat tema yang berbeda, dan setiap tema yang diangkat akan memiliki kesinambungan terhadap variasi menu yang dihadirkan, dekorasi, hingga hiburan bagi pengunjung. Tahun ini tema yang dihadirkan adalah 'Kampung Sampireun'. Nama Kampung Sampireun yang menjadi tema event FKB kali ini diambil dari istilah 'Sampireun' yang dalam Bahasa Sunda berarti singgah dan 'Kampung' yang berarti pedesaan.

FKB Tahun ini akan menyajikan tema Kampung Sampireun

FKB bertempat di halaman parkir barat Summarecon Mal Bekasi, lokasi ini akan didekorasi layaknya sebuah replika pedesaan tradisional. Dengan dekorasi gubukan khas negeri Sunda, berbagai booth dan gubukan akan dihiasi dengan jerami sebagai penutup di bagian atap. Temaram lampu di malam hari serta musik pengiring khas sunda juga akan semakin menambah nuansa pedesaan khas tanah Pasundan.

Festival Kuliner Bekasi

Cut Meutia, selaku GM Corporate Communications Summarecon menjelaskan “Festival Kuliner Bekasi (FKB) bertujuan untuk mempertahankan sajian kuliner tradisional sebagai warisan budaya, selain itu FKB juga memiliki misi untuk mengembangkan bisnis UKM (usaha kecil menengah) khususnya  di bidang kuliner sekaligus mengembangkan Kota Bekasi sebagai salah satu destinasi wisata kuliner favorit.”

Festival Kuliner Bekasi (FKB) menghadirkan lebih dari 90 UKM kuliner yang menyajikan ragam menu favorit bagi masyarakat. Berbagai hidangan khas Jawa Barat telah dipilih untuk dihadirkan di antaranya Bumbu Desa, Tauge Goreng Bogor, Soto Mie Bogor, Empal Gentong, Cireng Cipaganti, Martabak Bandung Fransiskus, Mie Kocok Bandung Marika, Nasi Timbel Parahyangan, Kupat Tahu Bandung, Nasi Tutug Oncom, Es Cendol Elizabeth, dan masih banyak hidangan lainnya. Tak ketinggalan juga sajian khas Betawi asli Bekasi, seperti Gabus Pucung dan penganan ringan Akar Kelapa. Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, jangan lupa untuk mengunjungi booth oleh-oleh yang ada di area Festival Kuliner Bekasi.

Sembari menikmati kuliner,ada juga hiburan untuk para pengunjung

Mengangkat maskot “Si Cepot” yang telah menjadi icon bagi kebudayaan Jawa Barat, Festival ini diharapkan akan semakin melestarikan originalitas kebudayaan Jawa Barat yang kaya akan warna dan nilai-nilai kesederhanaan. Melalui acara ini pula, diharapkan FKB akan menciptakan image Kota Bekasi sebagai Kota Kuliner (Bekasi into Food City). Melihat tingginya pengunjung Summarecon Mal Bekasi dan juga animo masyarakat terhadap event kuliner, maka FKB, diharapkan akan mampu menarik lebih dari 1,5 - 2 juta pengunjung dari wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Festival Kuliner Bekasi merupakan salah satu rangkaian food festival yang digelar oleh unit usaha PT Summarecon Agung Tbk. seperti Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, dan Festival Kuliner Serpong di Summarecon Mal Serpong. Seluruh kegiatan food festival ini senantiasa melibatkan para pengusaha kuliner dengan skala kecil dan menengah (UKM) dan hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu para pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya yang secara langsung akan turut menggerakkan perekonomian daerah, sekaligus juga menjadi upaya untuk melestarikan makanan khas Indonesia agar tetap dikenal, dicintai dan dikonsumsi oleh masyarakat luas.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading