Sukses

Lifestyle

5 Salad Super Lezat Ala Indonesia

Kalau Anda mendengar kata salad, apa yang ada di dalam pikiran Anda? Ah iya, menu sayur atau buah-buahan yang disajikan sebagai makanan penutup pada menu western biasanya.

Tetapi ternyata tidak hanya pada menu western saja salad itu ada. Sebenarnya Indonesia juga punya aneka menu salad super enak dan cocok disajikan bersama lontong atau nasi. Yah, namanya juga masakan Indonesia, belum lengkap rasanya kalau belum disajikan dengan nasi.

Beda daerah, beda pula penyajian 'salad'-nya. Masing-masing punya ciri khas sendiri, tetapi kesemuanya lezat dan sulit untuk ditolak. Umumnya sih salad Indonesia menggunakan kacang sebagai bahan dasar dari sausnya. Dengan tambahan bumbu lainnya, menu ini sulit ditolak baik oleh lidah dalam negri maupun turis manca negara.

Nah, apa saja sih salad ala Indonesia ini? Check this out, ladies.

(vem/bee)

Karedok

Karedok adalah salad asal Jawa Barat dengan sentuhan masakan sunda yang sebagian besar memanfaatkan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Biasanya berisi mentimun, kacang panjang, kubis, kemangi, terong hijau, dan juga taoge.

Karedok ini biasa disajikan dengan saus kacang, yang sebenarnya mirip dengan gado-gado. Tetapi bedanya pada gado-gado sebagian besar sayurnya sudah sudah direbus/dikukus, sedangkan di karedok semuanya disajikan mentah.

Bumbu karedok juga memakai tambahan kencur, agar rasanya lebih segar dan aromanya harum.

Resep Karedok

Bahan:

200 gram kacang panjang, iris tipis
5 lembar kol, cincang kasar
3 buah terong hijau bulat, iris tipis
50 gram taoge mentah
1 buah mentimun
segenggam daun kemangi yang masih muda

Bahan saus kacang:

150 gram kacang tanah, disangrai dan dihaluskan
2 siung bawang putih
2 buah cabai
5 buah cabai rawit
2 cm kencur
1/2 sdt terasi
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah
100 ml air
1/2 sdt jeruk nipis

Cara Membuat:

  • Haluskan semua bahan saus kacang, tambahkan sari jeruk nipis dan air secukupnya kemudian sisihkan
  • Sajikan semua bahan yang telah dicuci dan dipotong di dalam mangkuk, kemudian siram dengan bumbu yang telah dihaluskan

Siap disajikan dengan menu lauk lainnya

Gado-Gado

Gado-Gado ini salah satu salad dengan sentuhan Jawa Timur. Isinya berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu. Umumnya ditambah dengan potongan telur, kerupuk dan emping melinjo. Bumbunya sendiri adalah bumbu kacang yang diolah ditambah dengan santan. Rasanya gurih dan nikmat disajikan pedas.

Resep Gado-gado

Bahan:

Selada
Kubis
Kacang panjang
Mentimun
Taoge
Kentang
Wortel
Tomat
Telur
Tempe
Tahu

Bahan saus kacang:

250 gram Kacang tanah sangrai, dilumatkan
2 siung bawang putih
2 buah cabai
1/4 sdt merica
1 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
gula merah secukupnya
50 ml santan
1 sdt terasi

Cara Membuat:

1. Untuk sayuran seperti kol, taoge, kacang panjang dan wortel direbus, kemudian disisihkan

2. Tahu dan tempe digoreng dan dipotong kecil-kecil

3. Mentimun, selada dan tomat dipotong kecil-kecil

4. Haluskan semua bumbu kemudian masak di atas api kecil. Masukkan santan dan aduk hingga merata.

5. Bahan isi gado-gado dibagi di sayur, kemudian ditambah kerupuk dan emping dan disiram dengan bumbu kacang.

Untuk 4 porsi

Pecel

Pecel merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang juga dihidangkan dengan bumbu kacang. Bumbunya mirip dengan gado-gado namun terdapat beberapa perbedaan mendasar di sana.

Sayur-sayuran yang digunakan juga umumnya sudah direbus. Disajikan dengan tambahan peyek kacang/peyek udang, dan tempe goreng, tahu goreng atau juga bakwan jagung.

Uniknya sayuran hijau yang digunakan bisa diganti sesuai selera. Tak harus melulu menggunakan satu macam sayuran hijau yang sama.

Membuat bumbunya juga tidak perlu repot lagi. Kini bumbu pecel sudah tersedia di supermarket atau di pasar dan tinggal diseduh dengan air panas saja.

Punya ciri khas yang berbeda satu sama lain, ada trik penyajian pecel yang berbeda-beda antar daerah:

Pecel Malang

Pecel Malang biasanya menggunakan bumbu pecel khas Jawa Timur dengan cita rasa kuat dan rasanya pedas. Tekstur bumbu kacangnya juga kasar. Biasa dinikmati dengan sepiring nasi putih dengan lauk tahu, tempe, dan rempeyek kacang yang ada irisan daun jeruknya.

Pecel Blitar

Agak berbeda dengan pecel Malang, tekstur bumbu pecel khas Blitar biasanya lebih halus dan lebih berminyak. Cita rasanya lebih ke manis dan gurih. Umumnya bumbu pecel Blitar juga menggunakan daun jeruk dan buah asem.

Pecel Banyumas

Berbeda lagi dengan pecel khas Banyumas. Pecel di daerah ini biasanya sering disajikan dengan biji lamtoro atau riisan bunga kecombrang yang telah dikukus.

Pecel Tegal

Pecel Tegal agak berbeda dari yang lainnya. Sebenarnya ia lebih mirip dengan rujak manis ketimbang pecel. Isinypun bukan sayuran, namun buah-buahan seperti jambu, nanas, pepaya dan mangga, serta disiram dengan saus gula merah kental.

Pecel Tulungagung

Berbeda lagi dengan pecel yang lain, pecel Tulungagung punya bumbu tambahan kencur, daun jeruk, dan tape singkong goreng. Rasanya jadi pedas dan manis. Umumnya pecel khas Tulungagung disajikan dengan lauk seperti ayam, telur, hati, ebi, singkong parut goreng, rempeyek kacang atau tahu dan tempe. Pecel Tulungagung cukup lengkap bahannya dan mengundang selera.

Pecel Kediri

Keunikan dari pecel Kediri adalah aroma kencur dan rasa cabai merahnya yang bikin pecel jadi lebih manis, gurih dan pedas. Biasa disandingkan dengan sambal Tumpang, pecel Kediri ini rasanya khas dan terkenal hingga ke luar pulau Jawa.

Pecel Jember

Tidak terlalu berbeda jauh dengan pecel di daerah lain, namun pecel Jember punya sayuran yang agak berbeda. Bila di daerah lain biasa menggunakan daun singkong atau bayam, di sini sayur yang digunakan adalah genjer, kangkung atau among.

Uniknya lagi, pecel juga biasa disajikan dengan tambahan sayur lodeh.

Asinan Bogor

Asinan sebenarnya adalah jenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran, melalui pengasinan dengan garam atau cuka. Bahan yang diacarkan beragam, tetapi untuk asinan Bogor biasanya merupakan perpaduan dari sayuran dan buah-buahan.

Umumnya bahan yang ada di dalam asinan Bogor ini seperti mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, pala, nanas, dan ditaburi dengan kacang goreng serta kerupuk. Dengan saus yang rasanya manis, asam dan pedas, asinan memberikan rasa yang berbeda dibandingkan sajian buah pada umumnya.

Rujak Pengantin

Rujak Pengantin ini sebenarnya mirip dengan gado-gado, namun bumbunya agak sedikit berbeda. Di dalamnya juga terdapat buah yang memberikan nuansa segar pada salad unik ini.

Resep Rujak Pengantin

Bahan:

10 gram taoge
200 gram nanas, potong dadu
300 gram kentang kukus, potong dadu
3 butir telur ayam rebus, kupas kemudian iris tipis
300 gram tahu putih, digoreng kemudian potong dadu
200 gram selada keriting
150 gram kol, iris halus
200 gram mentimun, iris tipis

Bahan Saus:

3 siung bawang putih
8 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
1 sdm ebi
150 gram kacang tanah sangrai
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
3 sdm cuka
200 ml air

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, ebi, gula, garam dan kacang tanah. Tambahkan cuka serta air. Didihkan di atas api kecil.
  2. Sajikan semua bahan sayuran kemudian tuangi dengan saus, dan kacang tanah sangrai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading