Sukses

Lifestyle

Ternyata Wanita Karir Lebih Cepat Stres Daripada Pasangannya

Ladies apakah Anda adalah seorang wanita karir yang sibuk? Bisa menjalani kehidupan dengan dua pekerjaan utama memang menjadi kelebihan kita sebagai seorang wanita. Selain menjadi ibu yang bertugas mengurus rumah, dia juga bisa tetap bekerja dan menjadi wanita karir. Dua kegiatan utama ini seringkali menyita waktu dan membuat stress.

Sebuah penelitian baru baru ini dilakukan oleh Shira Offer dari Department of Sociology and Anthropology di Bar-Ilan University, Israel tertarik untuk melihat hal ini lebih dalam. Tingkat stres ibu dan ayah bekerja ternyata berbeda. Ibu rumah tangga yang sekaligus menjadi wanita karir ternyata memiliki tingkat stress yang lebih tinggi daripada sang ayah.

Ibu yang bekerja akan memikirkan masalah keluarga dengan segala kekhawatiran dan akhirnya akan menumbuhkan emosi negatif kepada dirinya sendiri. Hal ini memang sudah biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah seorang ibu akan cepat panik jika anaknya tidak menghubunginya untuk memberikan kabar. Perilaku ini muncul karena ibu mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap perawatan anak dan kehidupan keluarganya.

Dilansir oleh Merdeka.com (4/10), penelitian ini mengamati 402 ibu dan 291 ayah pada keluarga yang kedua orang tuanya bekerja. Mereka lalu mengukur tingkat emosi mereka dalam waktu yang bersamaan. Dari penelitian ini didapatkan sebuah hasil bahwa ibu lebih cepat stress memikirkan masalah keluarga dibandingkan dengan ayah.

Perbedaan ini dilihat dari tingkat stress ibu yang bekerja rata-rata dirasakan selama 29 dan 24 jam per minggu. Orang tua sendiri menghabiskan 30 persen dari waktu mereka hanya untuk memikirkan masalah keluarga. Peneliti juga menemukan bahwa ibu lebih terpengaruh secara negatif dengan masalah rumah tangga dibandingkan dengan ayah.

Wah, sekarang Anda tau kan mengapa para ibu lebih cepat stress? Mungkin Anda bisa mulai banyak melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan untuk menghindari hal ini. Atau bisa juga Anda mulai melatih diri Anda untuk lebih berfikir positif. Terus semangat ya ladies.

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading