Sukses

Lifestyle

Ini yang Harus di Perhatikan Orangtua Saat Membersihkan Peralatan Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Anak balita sangat mudah terkena berbagai penyakit. Di Kecamatan Penjaringan, Kelurahan Pluit contohnya, terdapat tiga penyakit yang paling banyak menjangkiti anak hingga usia 2 tahun.

“Infeksi saluran napas atas (ISPA),diare, dan penyakit kulit,” ujar dr. Mulia Suryandari, MKM dokter Puskesmas KecamatanPenjaringan, Koordinator P2P. Impetigo dan scabies (kutu kulit) termasuk penyakit kulitnyang paling sering muncul.

Baik ISPA, diare, dan penaykit kulit sangat berkaitan dengan kebersihan. “Cuci tangan dan mandi itu penting sekali,” tegas dr. Mulia, saat dijumpai dalam diskusi dan sosialisasi Kampanye Sleek Baby 1.000 Hari Perlindungan di RPTRA Jakpro Asri, Pluit, Jakarta.

1.000 Hari Perlindungan

Ada empat hal yang harus diberikan orangtua kepada anak dalam 1.000 haripertama kehidupannya: nutrisi, ASI (air susu ibu) eksklusif selama 6 bulan, stimulasi, dan kebersihan. “Inilah kunci masa depan anak yang penuh harapan. Tumbuh kembang anak bisa terganggu akibat perlindungan dalam 1.000 hari pertama tidak sempurna,” ungkap dr. Lula Kamal, praktisi kesehatan dan Brand Ambassador Sleek Baby.

1.000 hari perlindungnan dimulai sejak ibu mengetahui dirinya hamil, hingga anak berusia 2 tahun. Nutrisi ibu saat hamil trimester pertama (0-3 bulan) sangat krusial bagi perkembangan janin. “Pada masa inilah terjadi pembentukan organ-organ vital bayi. Inilah masa paling rentan. Nutrisi ibu harus baik, dan ibu tidak boleh sakit,” tegas dr. Lula.

Kemudian, tinggal pematangan organ tubuh, dan penambahan berat badan janin. Setelah bayi lahir, usahakan ia mendapat ASI eksklusif hingga usia 6 bulan. tidak cukup sampai di situ, bayi harus distimulasi. “Tidak harus pendidikan orangtua tinggi. Asalkan kreatif, banyak yang bisa dikerjakan untuk menstimulasi anak,” ujar dr. Lula.

Tidak kalah penting, kebersihan harus dijaga. Bila anak sering sakit, pertumbuhannya pun tidak akan optimal. “Anak kecil itu, semua yang dipegang masuk mulut. Jangan dilarang. Yang penting tangan barang yang dipegangnya dicuci, biar aman,” tutur dr. Lula.

Mencuci peralatan anak

Cuci selalu botol susu, peralatan makan, dan mainan anak dengan benar. Lebih baik lagi bila menggunakan pembersih yang food grade. Sehingga seandainya masih ada sisa pembersih dan tertelan oleh anak, tidak membahayakan kesehatannya. Biasakan pula untuk selalu mencuci tangan anak, juga dengan pembersih yang food grade.

Pakaian pun sebaiknya dicuci dengan pembersih yang lembut. “Kulit bayi sangat sensitif. Bila pakaian dicuci dengan deterjen biasa, seratnya bisa menjadi kasar dan mengiritasi kulit,” ujar Lidwina Natalia Brand Manager Sleek Baby.

Bukan hanya pakaian bayi, tapi juga pakaian ibu dan ayah. “Jangan lupa, kulit bayi menempel pada pakaian kita saat kita menggendongnya, atau saat ia menyusu. Pakaian kita yang kasar bisa mengiritasi kulitnya,” imbuh Wina.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading