Sukses

Lifestyle

Hewan-Hewan Yang Bisa Memprediksi Bencana Alam

Sudah sejak ratusan tahun yang lalu, bencana alam yang terjadi di permukaan bumi maupun kedalaman lautan datang dan mengubah sekian banyak kondisi. Datangnya bencana alam itu sering dianggap tiba-tiba, dan terkadang tak terprediksi oleh manusia. Namun ajaibnya, para hewan itu tahu bahwa bencana akan datang.

Beberapa hewan ditemukan punya kemampuan hebat bisa memprediksikan bencana alam atau cuaca ekstrim. Inilah mereka, seperti dilansir Merdeka.com.

(vem/bee)

Anjing

Dikabarkan anjing bisa memprediksi adanya perubahan cuaca ekstrim. Perubahan ini ditunjukkannya dengan reaksi menggigil atau gemetar dan biasanya ia akan bersembunyi dan meringkuk di dekat Anda atau di ruangan yang nyaris tertutup.

Hal ini biasa dilakukan oleh anjing sebelum terjadi badai petir. Penyebabnya adalah, sensitivitas indera perasa yang 10 ribu kali lebih kuat dibandingkan manusia. Anjing bahkan memiliki kemampuan untuk mencium atau mengamati perubahan suhu udara sebelum badai atau gempa bumi juga lho.

Kucing

Salah satu hewan piaraan yang menggemaskan ini biasa hidup berdampingan dengan manusia. Kabarnya kucing dapat memprediksi terjadinya bencana alam dengan mengevakuasi bayi-bayinya sebelum bencana alam terjadi.

Kucing juga menampakkan keresahan dan gelisah karena selalu mondar-mandi khawatir.

Katak

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health membuktikan bahwa katak adalah hewan yang bisa memprediksi bakal terjadi bencana alam berupa gempa bumi.

Katak ini sangat sensitif akan perubahan kimia air di dalam tanah sehingga bisa melihat tanda-tanda akan terjadi gempa.

Kuda

Bila Anda menemukan tiba-tiba banyak kuda yang melompat dan meringkik keras dengan intensitas dan frekuensi yang intens, maka kuda tersebut sedang memberitakan akan terjadi bencana alam, perubahan cuaca ekstrim dan pergerakan lempeng bumi.

Di alam liar, kawanan kuda akan bergerak membentuk formasi melingkar dan terlihat sangat panik. Inilah yang mereka rasakan ketika bencana alam akan datang.

Gajah

Bencana tsunami yang membuat wilayah Aceh dan sekitarnya berantakan 2004 dan 2005 silam sebenarnya dirasakan juga di kawasan pesisir Samudera Hindia, di Thailand dan di India.

Kabarnya para gajah di sana sudah memprediksi akan datangnya tsunami yang sampai ke Thailand. Di sana, gajah melenguh keras dan memberontak sehingga lepas dari rantai baja. Mereka kemudian berlari menuju ke dataran yang lebih tinggi.

Hiu

12 jam sebelum badai Charley menyapu daerah sekitar pantai teluk Florida 2004 lalu, 14 ekor hiu yang telah dipasangi sensor elektronik gusar. Hiu tersebut terekam menyelam ke perairan yang lebih dalam. Padahal, selama empat tahun dalam penelitian mereka hanya berenang di perairan yang dangkal.

Hiu-hiu tersebut tercatat kembali ke perairan laut dangkal dua minggu setelah bencana alam datang.

Burung

Sebelum tsunami datang 2005 silam, terlihat ribuan burung terbang di udara dengan formasi yang berbeda. Mereka meninggalkan sarang mereka di pesisir pantai sebelum gelombang tsunami menyerang.

Burung diduga juga bereaksi terhadap bencana alam lain seperti badai tornado, gempa bumi, letusan gunung berapi dan lain sebagainya. Dan dengan melihat burung yang buru-buru berlarian saja Anda juga bisa tahu bahwa hujan akan segera datang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading