Tips Membersihkan dan Mengolah Babat Sapi

Febi Anindya Kirana24 Nov 2018, 18:01 WIB
babat sapi

Fimela.com, Jakarta Babat sapi adalah bagian yang enak dimakan namun perlu perlakuan khusus sebelum bisa diolah. Hal paling merepotkan ketika menangani babat adalah cara membersihkannya. Karena merupakan bagian dalam daging sapi, membersihkan babat harus menyeluruh sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap ketika dimasak.

Dilansir dari The Spruce Eats, ini cara terbaik membersihkan, menyiapkan dan mengolah babat sapi.

1. Buang yang tak perlu

Pertama, trimming atau pangkas bagian-bagaian yang tak diinginkan seperti lapisan lemak, kotoran dan lapisan lainnya. Cuci dengan air mengalir.

2. Lumuri dengan garam dan cuka

Setelah itu lumuri babat dengan garam secara merata dan gosok menggunakan sikat atau kain kasar untuk mengangkat kotoran di sela-sela babat. Lalu bilas dengan cuka. Ulangi hal ini 2-3 kali atau hingga benar-benar bersih dari kotoran.

3. Rebus babat

Setelah berwarna putih bersih, saatnya merebus babat untuk menghilangkan bau tak sedap dan lemak yang tersisa. Rebus air secukupnya hingga merendam babat dan masak hingga keluar busanya dan babat matang. Buang busa dan air rebusannya. Cuci bersih babat. Babat siap diolah menjadi masakan sesuai selera.

Itu dia cara membersihkan babat dan menyiapkannya agar bisa diolah lebih lanjut.