Sukses

Lifestyle

Kenali 5 Gejala Gunung Berapi Akan Meletus

Ladies, alam memang tak selalu bisa diprediksi. Namun, ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh alam ketika akan terjadi sesuatu. Misalnya, beberapa tsunami yang pernah terjadi, kadang diawali dengan gempa bumi.

Gunung Kelud adalah salah satu gunung yang juga tak terduga erupsinya. Meski sempat membuat kepanikan beberapa waktu lalu, namun syukurlah hal ini masih bisa ditanggulangi dengan baik. Nah, bagaimana mengenali apabila gunung berapi di sekitar kita akan meletus?

Berikut ini adalah beberapa ciri umum yang bisa Anda pelajari untuk mewaspadai apabila daerah di sekitar Anda dekat dengan gunung yang sedang aktif. Sekedar pengetahuan dan semoga bermanfaat.

(vem/gil)

Suhu Sekitar Gunung Meningkat

Suhu panas bukan hanya karena akan turun hujan, namun bisa jadi karena suhu sekitar kawasan gunung yang mulai meningkat. Ini bila Anda memang tinggal sangat dekat dengan gunung berapi.

Panas tersebut karena adanya material inti bumi yang mulai berjalan keluar lewat kawah gunung. Hawa panasnya bisa terasa hingga sekitar daerah pegunungan.

Sumber Air Mengering

Panasnya wilayah sekitar gunung bisa menyebabkan terjadinya penguapan pada mata air terdekat. Akibatnya, debit air bisa berkurang atau suhunya jadi lebih hangat.

Udara panas bisa mempengaruhi apapun yang ada di gunung, termasuk terjadinya perubahan suhu pada air atau penguapan yang lebih banyak dari biasanya.

Ada Gemuruh Dan getaran

Gunung yang akan meletus biasanya menyebabkan beberapa getaran atau gemuruh. Getaran ini berasal dari desakan di dalam perut gunung yang akan keluar dari kawah.

Bila material ini bergerak, ia akan menimbulkan suara gemuruh. Sementara bila gerakan ini lebih kuat, juga bisa menyebabkan tanah bergetar.

Tumbuhan Mulai Layu

Tanda lain adalah tanaman dan tumbuhan di sekitar gunung yang layu atau meranggas. Hal ini karena panas membuat tanaman tak bisa mendapatkan sari makanan yang ia butuhkan dari tanah.

Serta adanya penguapan dari tanah dan suhu udara yang kurang baik bagi kesegaran tanaman. Padahal semakin tinggi ke gunung, biasanya kita merasakan udara lebih dingin.

Migrasi Hewan

Salah satu gejala yang mudah diawasi adalah hewan yang melakukan migrasi. Hewan dari atas gunung akan turun untuk menyelamatkan diri bila insting mereka kurang baik tentang habitat mereka.

Salah satu migrasi yang mudah untuk diawasi adalah migrasi burung. Beberapa hewan liar juga bisa turun ke pemukiman masyarakat dan ini bisa jadi tanda kalau gunung berapi di sekitar Anda sedang aktif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading