Sukses

Lifestyle

Fenomena HashTag Unik Jejaring Social Pasca Meletusnya Gunung Kelud

Social media tak kalah riuhnya dari gerakan nyata untuk membantu korban Kelud. Sejak gunung itu mulai meletus, ada banyak hashtag di Twitter atau Facebook yang menggunakan nama Kelud.

Misalnya #PrayForKelud hingga #JogjaRapopo. Inilah fenomena unik yang bisa kita lihat di jejaring sosial kala ada momen yang bisa menggerakkan kebersamaan dan perasaan saling dukung meski kita tak mengenal satu sama lain dan berada di tempat yang berjauhan.

Hashtag apa saja yang beken karena gerakan dukungan dan keprihatinan masyarakat social media pada korban Gunung Kelud ini? Ini dia beberapa tag populer dilansir dan Merdeka.com dan menurut pantauan dari beberapa jejaring social beken di Indonesia.

(vem/gil)

#PrayForKelud #PrayForIndonesia

Hashtag sejenis ini banyak muncul di Indonesia ketika massa dunia maya hendak memberikan dukungan dari jauh atas apa yang terjadi di Indonesia atau khusus di kota dan wilayah tertentu. Misalnya saat Gunung Sinabung beberapa waktu lalu, muncul juga hashtag #PrayForSinabung.

Misalnya yang dilakukan oleh akun Istana untuk Rakyat. "Tetap berdoa untuk saudara2 kita yg tertimpa musibah bencana. Semoga selalu diberi kesehatan & kebahagiaan. #PrayforKelud @jalinkelud"

#PeduliKelud

Selain wujud dukungan dalam bentuk doa, teman-teman yang ingin menyalurkan sumbangan dan mengetahui informasi kebutuhan para korban bencana Kelud juga tersambung dengan adanya hashtag ini. Ini merupakan wujud nyata karena memang para korban membutuhkan bantuan dari kita semua.

Kabar terbaru dari hashtag ini menunjukkan tentang adanya lahar dingin yang cukup berpengaruh pada kelancaran penyaluran bantuan bencana. Semoga niat baik para penyumbang dan relawan dilancarkan ya, Ladies.

#IndonesiaMenangis

Hashtag seperti ini juga muncul setelah beberapa tahun lalu Tsunami di Aceh membuat Indonesia memang menangis. Bencana besar itu memang menggugah keprihatinan karena sapuan tsunami meluluhlantakkan sebagian besar aceh seketika.

Kali ini Indonesia kembali menangis karena banyak orang ikut merasakan sedih dan cemas akan keadaan yang memprihatinkan dari korban Kelud dan rentetan bencana alam yang harus dialami di bumi Indonesia ini.

#AbuVulkanik

Hashtag #AbuVulkanik menjadi salah satu yang paling banyak disebut. Pasalnya abu vulkanik inilah yang paling bisa dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat di Jawa setelah meletusnya Gunung Kelud.

Salah satu akun yang menyebutkan hashtag ini adalah akun Kota Jogja yang menyarankan untuk tidak mengucek mata bila terkena abu vulkanik. Gara-gara abu vulkanik ini pula, masyarakat kini banyak yang menyiapkan dan menyumbang masker karena udara yang tercemar oleh abu vulkanik ini kurang baik bagi kesehatan pernafasan.

#akurapopo #JogjaRapopo dan #RockersGembeng

Hashtag unik dan terkesan sedikit menggelitik ini mengandung semangat dari masyarakat kota Jogja. Kota yang terkenal akan keramahan dan 'Jowo'-nya yang sangat nyaman ini mensugesti bahwa meski terkena bencana, namun jangan sampai putus asa.

#RockersGembeng muncul karena adanya pentas musisi lintas usia di Jogja. Uniknya dalam acara ini mereka menyanyikan lagu cengeng (gembeng) serta lagu cinta yang melankolis. Tujuannya adalah menggalang dana bagi para korban bencana Kelud. Wah salut banget ya dengan solidaritasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading