Sukses

Lifestyle

7 Jenis Pekerjaan Yang Bisa Anda Lakukan Tanpa Ijazah Kuliah

Mengecap bangku kuliah masih sering menjadi pertimbangan bagi beberapa orang. Meski tak dipungkiri bahwa kini hampir semua perusahaan menginginkan calon karyawan yang setidaknya punya level pendidikan D3 atau S1. Tapi, bagi Anda yang belum bisa kuliah, jangan berkecil hati. 

Ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah S1. Alternatifnya adalah Anda memiliki skill dan kecakapan meski belum menempuh pendidikan di bangku kuliah. Pekerjaan-pekerjaan ini adalah: 

    Produser Musik

    Bagi Anda yang memang memiliki kepekaan tersendiri dengan musik, Anda bisa menjadi produser musik sendiri. Kemampuan yang Anda butuhkan adalah komunikasi dan relasi dalam bidang tersebut. Selain itu Anda juga bisa memulai dari terlibat dengan musisi-musisi dari berbagai genre musik. Ini adalah 'kuliah gratis' yang semakin lama akan berkembang dan bsia menjadi pekerjaan yang menjanjikan bagi Anda.

    Penulis

    Saat ni sudah banyak media yang memudahkan kita untuk menjadi penulis. Membuat blog atau web sendiri kemudian mempublikasikannya ke social media bisa menjadi batu loncatan bagi Anda yang ingin menempuh jalur instant. Siapa tahu ada brand atau pihak yang melirik potensi Anda.  Atau, Anda bisa juga menulis buku dengan bergabung dengan komunitas maupun teman-teman yang hobi menulis, kemudian membuat buku kumpulan cerita maupun topik seru. Dengan topik yang menjual dan menarik, Anda bisa menawarkannya pada penerbit.

    Fotografer

    Tren hobi fotografi saat ini telah merambah menjadi mata pencaharian. Semakin banyak fotografer independen yang bisa memanfaatkan momen seperti pernikahan, momen keluarga, piknik, karnaval, model, cosplay dan sebagainya menjadi lahan untuk bekerja. Kalau Anda punya perspektif dna gaya unik dalam fotografi, hal ini bisa menjadi modal Anda untuk menjadikan bidang ini sebagai hobi yang menghasilkan.

    Youtuber/Vlogger

    Menjadi segmented youtuber atau vlogger di jaman sekarang adalah hal yang sangat bermanfaat. Kalau Anda bisa menemukan ciri dan keseruan tersendiri, Channel Anda akan dilirik banyak orang termasuk mereka yang ingin meminta bantuan Anda dalam mengendorse sebuah produk. Beberapa contoh vlogger sukses adalah Michelle Phan dan PewDiePie. Biasanya, kalau Anda memiliki vlog, maka Anda juga akan memiliki blog.

    Blogger

    Selain menjadi vlogger, Anda juga bisa menjadi blogger. Blogger fashion, kecantikan, traveling dan memasak sangat dicari saat ini. Kalau Anda memiliki blog yang terkonsep dengan bagus, maka bisa menjadi nilai tambah yang membuat orang mau datang ke blog Anda. Bermodal review kosmetik atau sebuah resep mudah dan unik, Anda bisa menjadi blogger populer.  

    Gamer Pro

    Game jaman sekarang sudah sangat berkembang. Kalau jaman dulu game hanya dianggap mainan selingan, saat ini game bisa menjadi lahan yang menjanjikan. Ada banyak game yang bahkan membutuhkan keahlian khusus.Tak hanya pria saja, saat ini sudah banyak wanita yang menjadi gamer pro. /content]

    Enterpreneur

    Siapapun bisa melakukan ini. Hal yang Anda butuhkan adalah kegigihan dan kemauan untuk berkembang di bidang yang Anda jalani. Kalau Anda bisa memberikan keunikan tersendiri dalam barang yang Anda tawarkan pada konsumen, maka ini akan menjadi nilai tambah. Misalnya Anda mendirikan bisnis pernak-pernik fashion DIY yang cute. Kalau punya model yang unik, maka Anda bisa memiliki pasar sendiri.

Meski pekerjaan di atas bisa Anda lakukan tanpa memiliki ijasah kuliah, namun kalau Ada kesempatan, Anda bisa melanjutkan jenjang pendidikan Anda. Dan keinginan untuk mengembangkan diri akan membawa Anda pada peluang yang lebih baik. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading