Sukses

Lifestyle

5 Tips Mencari Kerja Ketika Belum Mengundurkan Diri

Kadang, kita merasa kurang cocok dengan pekerjaan sekarang dan berpikiran untuk mencari yang lain. Beberapa dari Anda mungkin berpikir akan susah mencari kerja saat masih menjadi bagian dari suatu perusahaan. Apalagi, bagi yang bekerja full time sehingga tidak memiliki waktu untuk mencari kerja lain.

Pasalnya, kita akan menghadapi para job hunters yang memiliki banyak waktu dan bahkan mereka menghabiskan sepanjang hari untuk menyempurnakan resume untuk mencari kerja. Sedangkan kita masih disibukkan dengan task kantor yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Nah Ladies, berikut ini adalah 5 tips untuk mencari kerja bagi Anda yang belum resign, dilansir dari elitedaily.com.

    Manfaatkan waktu luang sebijak mungkin

    Dengan waktu luang Anda yang lebih sedikit, Anda bisa melakukan pencarian yang sama efektifnya dengan mereka yang memiliki waktu seharian. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk membaca daftar lowongan pekerjaan atau sekedar menghubungi beberapa teman, meminta tolong mereka untuk mengecek resume Anda. Dan yang terpenting, minta wawancara saat pagi, sore hari, atau saat jam makan siang. Akan tetapi, jika wawancara membutuhkan perjalanan jauh, Anda bisa meminta izin 3 hari di akhir pekan untuk ke luar kota.

    Berhati-hati saat browsing mencari kerja

    Saat browsing mencari kerja, sebaiknya Anda menggunakan ponsel dan tidak menggunakan komputer kantor kecuali tidak ada pantauan. Bahkan, Anda juga perlu menghapus browser history dan folder dowload ketika sudah selesai. Memang, hal ini akan terasa berlebihan. Tapi, dengan cara ini bos Anda tidak akan tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan alternatif.

    Mengundurkan diri dengan cara yang benar

    Saat Anda sudah menerima posisi yang diinginkan, rasanya ingin segera berhenti dari pekerjaan yang sekarang. Namun, jangan sampai Anda melakukannya Ladies. Sebab, perusahaan Anda yang baru pasti akan menghargai cara Anda mengundurkan diri yang benar. Dan jika hal ini menjadi bagian dari interview, hal tersebut berpotensi bagi perusahaan untuk menerima Anda.

    Tidak merusak nama baik perusahaan

    Begitu pula dengan alasan Anda meninggalkan pekerjaan yang sekarang juga menjadi pertimbangan saat interview. Sebaiknya, Anda mencari alasan yang tepat kenapa Anda mengundurkan diri dan mencari yang baru. Selain itu, pastikan Anda juga tidak merusak nama baik perusahaan yang akan tinggalkan yang akan menjadi pertimbangan.

    Stay Positive!

    Terjebak dengan posisi sekarang dan belum menemukan pekerjaan alternatif akan membuat Anda putus asa. Seharusnya, Anda harus tetap berpikiran positif dalam menghadapinya dan percaya akan ada 'cahaya' baru. Begitu juga saat melakukan wawancara, jangan sampai Anda terlihat putus asa di depan calon bos baru.

Masih berpikiran sulit mencari kerja ketika belum resign? Coba saja tips di atas Ladies!

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading