Sukses

Food

3 Tips Membuat Buttercream yang Lembut dan Wangi

Fimela.com, Jakarta Jika ingin membuat kue atau semacamnya, kita pasti sering mendengar bahan bernama butter cream. Salah satu olahan dari mentega dan gula ini berguna sebagai hiasan dan pelapis kue sekaligus memberi tambahapan pemanis. Tidak masalah jika kita memiliki buttercream siap pakai yang tinggal semprot, namun jika ingin membuat sendiri dan baru pertama kali pasti akan susah. Nah, jika ingin membuat buttercream yang lembut, manis dan wangi, kamu bisa mencoba sekian tips berikut ini.

1. Gunakan mentega

Cara pertama tentu menggunakan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yaitu butter atau mentega. Tekstur mentega yang lembut itulah yang akan menciptakan buttercream yang lembut. Jika menggunakan margarin, cenderung clumpy atau menggumpal dan rasanya terlalu berlemak. Banyak merek mentega, tapi cari yang tidak terasa asin atau unsalted butter karena jika ingin rasa yang manis tanpa ada gurih, unsalted butter adalah pilihan yang sangat tepat. Selain itu, jika ingin menambahkan rasa sedikit gurih, bisa disesuaikan dengan penambahan garam secukupnya sehingga tidak terlalu asin. 

2. Tambahkan vanili

Pada dasarnya mentega sudah wangi, jadi meskipun tidak diberi aroma tambahan sebenarnya tidak masalah. Namun jika ingin aroma yang lebih menggugah selera dan bikin nagih, tambahkan sedikit vanili cair ketika mengocoknya. Penambahan aroma wangi ini pun bisa disesuaikan selera, misalnya ingin aroma pandan, stroberi, kopi dan semacamnya. Tidak harus vanilli, namun jika ingin penggunakan yang lebih umum, bisa ditambahkan vanili saja. 

3. Tambahkan gula halus

Salah satu bahan utama membuat buttercream adalah gula halus. Sebisa mungkin gunakan gula bubuk, gula halus atau icing sugar untuk membuat buttercream, jangan menggunakan gula pasir karena tidak akan terbentuk buttercream yang lembut karena gula akan tetap menggumpal atau justru mencair. Jadi gunakan gula bubuk atau gula halus sebagai bahan utamanya. Pemilihan gula halus yang berkualitas baik juga menentukan buttercream yang bertekstur lembut dan halus. 

Nah, itu dia tips membuat buttercream yang lembut dan wangi. Yuk coba di rumah agar kue makin enak disantap!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading