Sukses

Lifestyle

Joglo Patheya, Rumah Makan Jawa Dengan Sajian Kuliner Nusantara

Salah satu bentuk kearifan lokal budaya Indonesia adalah dari masakannya. Sajian nusantara, negara ini ada beraneka ragam, masakan dari seluruh penjuru Indonesia, dengan cita rasa yang sangat tinggi. Apalagi perkembangan masakan asli Indonesia, khususnya masakan Jawa, kini banyak diminati lagi di restoran, bahkan dikemas dan disajikan ala rumahan.

Terletak di tengah-tengah selatan Jakarta, di kawasan elit daerah Kemang, hadir rumah makan Joglo Patheya-Legendary Javanese Cuisines. Di tempat ini Anda bisa mencicipi sajian masakan yang disukai para raja-raja Keraton Jawa ala kuliner keraton. Masakan dikemas seperti aslinya dan disajikan sesuai dengan selera daerah asal, misalnya bebek suwar-suwir, sego gamblang, sego blawong, sego golong, bistik edan, lombok kethok, garang asem, manum nom, rondho royal, prawan kenes, juga aneka kudapan ringan antara lain lupis, serabi, cenil, talam pelangi dan aneka getuk.

"Kami ingin memperkenalkan sebuah konsep baru di bidang kuliner, di mana banyak sekali sekarang ini makanan asing dan kita ingin menyuguhkan makanan tradisional Indonesia, sehingga restoran ini menjadi rumah budaya yang memadukan konsep budaya dan masakan nusantara," kata Ary Laksono selaku Manager saat launching ceremony of new concept Joglo Patheya - Legendary Javanese Cuisines di Kemang Utara Jakarta Selatan Rabu 8 Maret 2015 lalu.

Copyright by Vemale.com

Lebih lanjut Ary menjelaskan, restoran ini memiliki fasilitas Joglo yang melambangkan kemegahan adat rumah Jawa, untuk mendukung suasana makan para pelanggan diiringi pula gending Jawa secara live. Selain musim tradisional, di sini juga menampilkan hiburan musik modern untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Kami yakin sajian Joglo Patheya dapat membangkitkan selera masyarakat untuk mencobanya. Dan ini salah satu kontribusi kami untuk melestarikan warisan budaya Indonesia," jelasnya.

Suasana Joglo Patheya/ copyright by Vemale.com

Selain menyajikan aneka makanan, di sini pun tersedia minuman tradisional dengan bumbu rempah asli daerah. Minumannya antara lain bir Jawa, royal secang, angsle, beras kencur, wedang rondhe dan es puter dengan topping ketan hitam.

"Untuk saat ini kenapa kita memilih masakan nusantara dari Jawa? Karena sekarang ini kuliner lagi dekat dan dikenal dari Jawa Tengah, nanti ke depannya akan ada festival kuliner dari Betawi, Maluku dan lain sebagainya," tambah Rahayu Ningsih sebagai owner dalam kesempatan yang sama.

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas/ copyright by Vemale.com

Dengan fasilitas rumah Joglo, kolam renang, ruang karaoke, ruang seminar, ruang meeting dengan berbagai ukuran, bahkan kamar pengantin, Joglo Patheya - Legendary Javanese Cuisines sangat cocok untuk acara makan bersama keluarga, rapat, maupun acara pesta, baik pesta perkawinan, ulang tahun, barbeque party maupun private party lainnya. Di sini juga disediakan ruang library yang bisa dijadikan alternatif bagi pelanggan untuk bersantai sambil membaca buku pengetahuan yang tersedia.

Bila Anda ingin mencoba restoran dengan budaya Jawa ini dan merasakan langsung kelezatan masakan para raja-raja Keraton Jawa, silahkan saja datang ke Joglo Patheya - Legendary Javanese Cuisines di jalan Kemang Utara Raya nomor 22 Jakarta Selatan ya.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading